Brilio.net - Operator telekomunikasi digital terdepan di Indonesia Telkomsel baru saja mengumumkan kerjasama dengan Gojek, platform on-demand dan pembayaran terdepan di Asia Tenggara. Dalam kerjasama ini, anak perusahaan PT Telkom Indonesia itu menyuntikan dana investasi sebesar USD 150 juta atau setara Rp2,17 triliun (kurs Rp 14.500/dollar AS).

“Semangat kolaborasi, akan terus menjadi fondasi kami dalam menghadirkan manfaat teknologi digital di seluruh sektor kehidupan seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” kata Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro.

Kolaborasi dua perusahaan teknologi dan komunikasi terbesar di Tanah Air ini untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

“Kerja sama ini akan menjangkau ratusan juta masyarakat Indonesia, termasuk konsumen, mitra driver dan mitra UMKM supaya ikut andil menikmati manfaat dari ekonomi digital,” ujar Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek Group.

Bukan tanpa alasan kedua perusahaan teknologi ini berkolaborasi. Platform Gojek dan layanannya digunakan jutaan konsumen dan mitra pengemudi, serta ratusan ribu mitra merchant di seluruh Asia Tenggara. Sedangkan Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia dengan lebih dari 170 juta pelanggan.

Nah seperti apa kolaborasi dua raksasa teknologi karya anak bangsa Indonesia ini, berikut faktanya.  

1. Kolaborasi yang sudah terjalin lama

Telkomsel suntikan dana ke Gojek © 2020 brilio.net

Kerja sama ini merupakan perluasan kolaborasi Gojek dan Telkomsel yang menawarkan paket data terjangkau kepada mitra driver Gojek sejak 2018. Kerja sama ini juga akan membuka berbagai peluang kolaborasi lain yang memanfaatkan skala gabungan dari kedua perusahaan sehingga dapat menjangkau jutaan masyarakat  Indonesia di seluruh nusantara. Sinergi melalui teknologi dan ekosistem dari kedua perusahaan karya anak bangsa ini juga akan mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia.

“Kami sangat bangga berkesempatan berkolaborasi dengan platform kebanggaan anak bangsa yang terus memberikan dampak positif bagi jutaan rakyat Indonesia, pada setiap aspek kehidupan sehari-hari,” ungkap Setyanto.

2. Pengembangan berbagai program inovatif

Telkomsel suntikan dana ke Gojek © 2020 brilio.net Gojek.com

Pengguna Gojek dan Telkomsel dapat menantikan beberapa inisiatif yang akan memberikan manfaat dan kenyamanan lebih, seperti produk baru yang dikembangkan bersama, serta program-program inovatif yang dapat memberikan penghematan biaya seperti promosi bersama dan bundling produk.

3. Gaya hidup digital

Telkomsel suntikan dana ke Gojek © 2020 brilio.net

Kedua perusahaan juga akan berkolaborasi di bidang gaya hidup digital serta mengembangkan solusi teknologi periklanan digital yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha di berbagai skala bisnis. Selebihnya, Gojek dan Telkomsel juga bekerjasama dalam bidang pemberdayaan talenta melalui pertukaran pengalaman dan program pembinaan keahlian profesional sebagai bentuk upaya meningkatkan sumber daya manusia teknologi di Indonesia.

4. Mengembangkan bisnis layanan digital

Telkomsel suntikan dana ke Gojek © 2020 brilio.net

Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah menegaskan, sebagai induk perusahaan Telkomsel, Telkom menyambut baik dan mendukung kolaborasi lintas sektor antara Gojek dan Telkomsel. Ia meyakini kolaborasi dengan Gojek ini akan memberikan potensi nilai tambah yang besar jika dilakukan dengan Telkomsel, terutama untuk meningkatkan keunggulan kompetitif Telkomsel dalam mengembangkan bisnis layanan digital, seiring roadmap transformasi yang sedang dijalankan TelkomGroup untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

“Kolaborasi ini juga sejalan dengan visi dan misi TelkomGroup untuk mengorkestrasi strategi penguatan synergy value yang sudah berjalan antara kedua perusahaan, yang akan berdampak positif serta memperkuat portofolio bisnis TelkomGroup dalam mengakselerasi perekonomian digital di Indonesia,” pungkas Ririek.

5. Pengejawantahan tiga pilar digital

Telkomsel suntikan dana ke Gojek © 2020 brilio.net

Aksi korporasi ini juga merupakan bagian dari perjalanan Telkomsel dalam menjalankan tiga pilar digital, yaitu sebagai penyedia konektivitas digital, layanan digital serta platform digital, yang saat ini menjadi landasan bagi perusahaan untuk menghadirkan ragam produk digital yang berpusat pada pelanggan dan layanan yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia sehari-hari. Telkomsel meyakini kerja sama dengan Gojek ini juga akan melengkapi strategi transformasi Telkomsel dalam mengembangkan bisnis layanan digital, selain memperkuat kapasitas dan kualitas sumber daya manusia, khususnya para talenta digital.