Brilio.net - Bitcoin dikenal sebagai mata uang digital yang cukup banyak diminati. Bitcoin merupakan sistem mata uang digital cryptocurrency global, yang dikenal juga dengan uang virtual ataupun aset Kripto. Mata uang digital ini diminati karena dianggap sebagai peluang bisnis alternatif selain reksadana dan saham oleh banyak orang. Bitcoin memungkinkan seseorang untuk mengirim atau menerima uang hanya dengan melalui internet, dan dicairkan lewat situs exchanger atau lewat ATM.

Perbedaan Bitcoin dengan mata uang negara adalah suplainya yang terbatas, tidak seperti mata uang negara yang dapat terus dikeluarkan oleh bank sentral negara. Bitcoin hanya memiliki suplai total 21 juta yang dikontrol oleh algoritma yang mendasarinya. Selain itu, bitcoin tidak memiliki satu institusi pun yang mengendalikan jaringannya.

Nilainya yang semakin menanjak kini banyak diburu orang untuk ditambang. Aktivitas menambang tidaklah murah dan harus dilakukan secara berkelompok. Hal ini yang membuat banyak orang enggan menjadi penambang.

Namun, ada cara alternatif untuk mendapatkan bitcoin secara gratis. Berikut sembilan cara mendapat bitcoin secara gratis, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (13/12).

1. Afiliasi Bitcoin.

Cara mendapat bitcoin secara gratis © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Afiliasi Bitcoin merupakan sebuah link untuk kegiatan mempromosikan sesuatu. Program afiliasi ini umumnya dikenal pula dengan istilah lainnya yaitu program pemasaran rujukan.

Nantinya pengguna akan memasang tautan tersebut di web mereka dan mendapatkan imbalan berupa Bitcoin di setiap impresinya. Secara keseluruhan metode yang terdapat pada program afiliasi ini adalah metode promosi.

Metode promosi ini akan berjalan jika salah seorang user mau memberikan link referral kepada user lainnya.

2. Mining Bitcoin.

Cara mendapat bitcoin secara gratis © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Mining Bitcoin bisa membantumu mendapatkan bitcoin secara gratis. Untuk melakukannya maka perlu bergabung di jaringan mining pool terlebih dahulu. Setelah bergabung, selanjutnya kamu harus memecahkan blok baru. Caranya dengan jalan memecahkan sejumlah algoritma.

Untuk melakukan hal tersebut, juga diperlukan adanya hardware. Kamu harus sigap menentukan hardware yang akan digunakan. Setelah itu, barulah kamu bisa mendownload software yang memudahkan kamu untuk menambang.

3. Airdrops.

Cara mendapat bitcoin secara gratis © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Airdrops adalah cara bagaimana perusahaan memberikan Bitcoin secara 'cuma-cuma alias gratis. Metode ini biasanya bertujuan untuk memanfaatkan efek jaringan untuk mendistribusikan bitcoin. Jadi jika kamu mengikuti sistem ini, maka kamu akan mendapatkan semacam tugas untuk memperoleh bitcoin.

Tugas ini berupa anjuran bagi para user internet untuk melakukan follow beberapa akun perusahaan. Setelah melakukan follow maka selanjutnya turut serta mempublikasikan acara yang sedang dipromosikan.

4. Bitcoin Faucet.

Cara mendapat bitcoin secara gratis © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Bitcoin Faucet merupakan platform yang memberi penghargaan berupa Bitcoin kepada pengunjung atau pengguna ketika berhasil menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Tugas yang dimaksud bisa berupa banyak hal seperti mengetik captcha, menonton iklan, bermain game online, mengikuti kuis online, mengikuti survei, dan lain sebagainya. Setelah menyelesaikan tugas tersebut kamu akan mendapatkan 1 satoshi yang setara dengan 0,00000001 bitcoin.

5. Bitcoin Software.

Cara mendapat bitcoin secara gratis © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Penggunaan bitcoin software hampir menyerupai layaknya aktivitas menambang, namun tanpa pembelian komputer mahal dan biaya listrik yang besar.

Menggunakan Bitcoin software menjadi salah satu cara mendapatkan Bitcoin yang bisa dilakukan dari komputer rumahan. Tapi jumlah Bitcoin yang didapat tidak sebesar aktivitas menambang yang sesungguhnya. Nilai yang didapat dari Bitcoin software sama dengan yang didapat dari Faucet Bitcoin.

6. Mengikuti kompetisi trading.

Cara mendapat bitcoin secara gratis © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selanjutnya, cara mendapat bitcoin secara gratis yakni dengan mengikuti kompetisi trading. Beberapa bursa atau exchange aset kripto terkadang sering mengadakan kompetisi trading bitcoin. Biasanya hadiah dari kompetisi trading ini berupa bitcoin baru untuk para pemenang kompetisi.

Dalam kompetisi ini, akan dinilai berapa banyak jumlah aset digital yang kamu tradingkan dengan batas waktu tertentu. Jumlah aset digital inilah yang akan dikompetisikan untuk mendapatkan pemenangnya. Selain kompetisi, bitcoin juga bisa didapatkan dari bermain game.

7. Menulis tentang Cryptocurrency.

Cara mendapat bitcoin secara gratis © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Cara mendapatkan Bitcoin dengan gratis selanjutnya adalah dengan menulis mengenai cryptocurrency. Bagi kamu yang memiliki keahlian menulis, maka cara ini sangat direkomendasikan demi mendapatkan bitcoin secara cuma-cuma.

Saat ini, dunia mengenai crypto sudah memiliki situs yang akan memuat berbagai macam berita di dalamnya. Lakukan tugas yang diminta, kemudian kamu akan mendapatkan imbalan berupa bitcoin gratis.

8. Menjual produk.

Cara mendapat bitcoin secara gratis © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Jika kamu tidak mahir menulis, kamu bisa mendapatkan bitcoin dengan menjual produk. Forum Bitcointalk menawarkan berbagai layanan yang kamu dapat berikan dengan imbalan Bitcoin.

Kamu bisa menjual produk kamu di situs web ini karena hampir semua orang yang mengunjungi forum tersebut, sudah mengerti tentang crypto. Jadi, kamu tidak perlu ribet menjelaskan produk kamu.

9. Donasi.

Cara mendapat bitcoin secara gratis © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Terakhir, kamu bisa mendapatkan bitcoin secara gratis yakni dengan donasi. Umumnya ada beberapa situs yang melakukan kegiatan donasi bitcoin. Situs-situs tersebut umumnya diadakan oleh beberapa komunitas kripto dan blockchain.

Komunitas ini biasanya merupakan komunitas yang cukup aktif di forum sehingga pada akhirnya mengundang banyak orang supaya mencantumkan addres bitcoin walletnya.

Yang menarik, semakin aktif seseorang memberikan donasi bitcoin justru disebut memiliki peluang semakin besar untuk mendapatkan bitcoin kembali menjadi lebih besar.