Brilio.net - Setelah seseorang membuka rekening baru, biasanya pihak bank akan memberikan kartu debit atau kartu ATM kepada nasabah. Kartu ini dapat digunakan oleh nasabah untuk transaksi menggunakan mesin ATM.

Kartu ATM ini bisa digunakan untuk pembayaran secara debit di minimarket, supermarket, restoran, butik, toko elektronik selama toko-toko tersebut menyediakan EDC bagi kartu berlogo Visa dan Mastercard. Agar bisa digunakan untuk transaksi, kamu harus memasukkan PIN terlebih dahulu. PIN ini merupakan enam digit angka yang menjadi pengaman ketika kamu melakukan transaksi dengan kartu ATM.

PIN ini bersifat rahasia, jangan sampai orang lain mengetahuinya. Hal ini supaya kartu ATM tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk melindungi keamanan saat bertransaksi, kamu sebaiknya harus mengganti PIN secara berkala.

Perbankan juga mengimbau agar nasabah aktif mengganti PIN akses ke ATM, rekening, kartu debit, maupun kartu kredit secara berkala agar keamanan tetap terjaga.
Sebab, PIN ATM yang tidak diganti secara berkala berisiko dibobol dana melalui mesin ATM maupun internet banking. Mengingat saat ini tindak kejahatan pembobolan ATM masih banyak dilakukan, jadi kamu harus mencegahnya dengan cara mengganti PIN.

Namun, jangan lupa mencatat atau mengingat PIN yang baru setelah melakukan penggantian. Jika kamu nasabah dari bank BRI, kamu bisa melakukan penggantian PIN ATM lewat cata berikut yang sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (14/7).