Brilio.net - Investasi merupakan suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan mendapatkan sejumlah keuntungan. Sementara, secara umum investasi adalah meluangkan atau memanfaatkan waktu, uang atau tenaga demi keuntungan atau manfaat di masa mendatang.

Investasi dibagi dua macam, yakni investasi jangka panjang dan pendek. Investasi jangka pendek merupakan investasi yang memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan kurang dari tiga tahun dan dapat langsung dikonversikan dengan uang atau jual. Namun, perlu diingat bahwa investasi jangka pendek ini memberikan return yang lebih kecil, sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan dalam waktu dekat.

Sedangkan, investasi jangka panjang adalah investasi yang membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun untuk mendapatkan keuntungan. Kamu dapat menikmati hasil dari investasi ini dalam lima tahun, belasan tahun, hingga puluhan tahun yang akan datang. Sehingga, investasi ini cocok untuk anak muda yang ingin mempersiapkan masa tuanya dengan dana pensiun yang cukup dari hasil investasinya.

Setelah mengetahui apa itu investasi, kamu bisa memulainya dengan mendownload aplikasi investasi. Tak perlu takut rugi atau uang akan hilang, beberapa aplikasi ini pun sudah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Berikut 7 aplikasi investasi yang terdaftar OJK, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (25/1).

1. Bibit.

Aplikasi investasi yang terdaftar OJK © 2022 brilio.net

foto: blog.bibit.id

Bibit menawarkan kemudahan berinvestasi dengan teknologi 'Robo' yang dapat menyesuaikan pola investasi berdasarkan usia, level risiko, penghasilan, dan juga target tujuan hidup kamu sebagai investor dan memberikan rekomendasi sesuai hasil analisanya. Adapun pilihan pembayarannya juga beragam termasuk melalui dompet digital seperti Go-Pay, OVO, m-banking dan lain sebagainya.

2. Bareksa.

Aplikasi investasi yang terdaftar OJK © 2022 brilio.net

foto: bareksa.com

Perusahaan teknologi finansial milik PT Bareksa Portal Investasi uang memperjualbelikan 40 lebih manajer investasi dan 150 lebih produk reksa dana ditawarkan, Bareksa pun menyediakan simulator bareksa dan kalkulator investasi bagi investor agar bisa menghitung perkiraan imbal hasil yang akan didapatkan dalam periode investasi tertentu.

3. Ajaib.

Aplikasi investasi yang terdaftar OJK © 2022 brilio.net

foto: Twitter/@ajaib_investasi

Ajaib adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Ajaib Group, di bawah naungan PT Takjub Teknologi Indonesia. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2018 bersama dengan PT Ajaib Sekuritas Asia (Ajaib Sekuritas). Para investor pemula dapat langsung mendapat rekomendasi produk saham dan reksa dana yang bisa dibeli.

Tersedia notifikasi real-time update adanya notifikasi real-time update membantu para investor tidak tertinggal update terbaru dari tren investasi dan dari tren penggunaan di aplkasi ajaib.

4. Stockbit.

Aplikasi investasi yang terdaftar OJK © 2022 brilio.net

foto: Facebook/Stockbit

Aplikasi investasi Stockbit selain menyediakan wadah untuk interaksi jual beli saham juga dilengkapi dengan fitur komunitas. Di sini, Kamu bisa melakukan diskusi bersama para trader lainnya mengenai investasi saham.

5. Tanam Duit.

Aplikasi investasi yang terdaftar OJK © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

Aplikasi dari PT Star Mercato Capitale ini menargetkan anak-anak muda yang baru memulai investasi sebagai pasarnya. Nggak hanya reksadana, Tanam Duit juga memiliki layanan transaksi investasi surat berharga negara (SBN), emas batangan, hingga asuransi.

6. IPOTFund.

Aplikasi investasi yang terdaftar OJK © 2022 brilio.net

foto: Facebook/IPOTFund

Aplikasi investasi reksa dana yang dikembangkan oleh PT Indo Premier Sekuritas telah bekerja sama dengan 42 manajer investasi dan menawarkan 259 produk reksadana. Selain berinvestasi, investor bisa melakukan perbandingan produk reksadana mulai dari dana kelolaan, unit, serta kinerja reksadana yang akan dibeli. Terdapat juga IPOT evaluator yang merupakan perangkingan performa reksadana.

7. LandX.

Aplikasi investasi yang terdaftar OJK © 2022 brilio.net

foto: Facebook/LandX.id

Berbeda dari aplikasi-aplikasi sebelumnya yang mana menjual reksa dana, saham, hingga emas, LandX adalah tempat untuk investasi properti. Di sini, kamu bisa membeli sebagian kepemilikan dari suatu rumah hanya dengan modal terjangkau.