Brilio.net - Sebentar lagi, umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Idul Adha diperingati dengan peristiwa penyembelihan hewan kurban. Menyembelih hewan kurban menjadi salah satu ibadah yang mulia. Ibadah kurban dapat dilakukan pada Hari Idul Adha atau 3 hari setelahnya (hari-hari tasyrik).

Dalam berkurban, hendaknya seorang muslim menggembirakan fakir dan miskin. Maka dari itu, daging diberikan kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan. Sebagai persiapan kurban, seseorang biasanya akan mencari hewan kurban sesuai kriteria yang telah ditentukan oleh ajaran agama Islam. Hewan yang disembelih untuk kurban adalah sapi, kerbau, kambing, domba ataupun unta. Adapun ketentuan umur untuk hewan yang disembelih yaitu unta usia minimal 5-6 tahun, sapi atau kerbau usia minimal 2 tahun, sedangkan kambing atau domba juga minimal 2 tahun.

Hewan yang digunakan untuk berqurban harus memenuhi syarat yang telah ditentukan seperti sehat, tidak cacat, tidak kurus dan cukup umur untuk disembelih. Melihat kriteria seperti itu, beberapa orang terkadang merasa kesulitan untuk mencari hewan kurban yang sesuai. Nah, jika merasa kesulitan, kamu bisa memilih kurban dengan cara diwakilkan kepada orang terpercaya untuk melakukannya.

Kurban online lewat lembaga Baznas.

kurban online lewat Baznas © 2022 brilio.net

foto: baznas.go.id

Salah satu cara mewakilkan kurban adalah dengan kurban online pada lembaga terpercaya seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Baznas menyediakan layanan kurban secara online sejak 2016, yang diberi nama Kurban Digital Baznas.

Layanan kurban online ini bertujuan agar masyarakat dapat menunaikan ibadah kurban dengan mudah dan nyaman tanpa harus keluar rumah. Dilansir dari baznas.go.id, guna menyukseskan Kurban Online, Baznas menggandeng beberapa mitra digital agar dapat mencakup banyak kalangan masyarakat. Di antaranya adalah Bersedekah, Peduli Sehat, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, Elevenia, JDID, Gotix, LINE, dan E-salaam.

Kemudian juga bisa ditunaikan melalui mitra retail yang berkerja sama dengan BAZNAS, yakni Pegadaian, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Dan-Dan, dan Lotte Grosir.