Brilio.net - Pendidikan menjadi hal penting yang selalu diberikan orangtua kepada anaknya. Hal itu dengan harapan sang anak akan hidup lebih baik dan sejahtera kelak di kemudian hari. Mengetahui pentingnya pendidikan, tak jarang orangtua banting tulang dan memeras keringat demi membiayai sekolah anaknya. Salah satunya seperti dilakukan seorang ibu asal Filipina, yang saban hari menjadi buruh cuci pakaian demi pendidikan buah hatinya Almira Dirain.

Almira memahami perjuangan ibunya tersebut. Ia juga menyaksikan sendiri betapa susah mengumpulkan biaya saat awal kali mendaftar sekolah. Namun, Almira membalas jerih payah orangtuanya lewat menyelesaikan pendidikan menegah atasnya di St. Peter’s College of Ormoc City, dengan predikat Cumlaude atau pujian.

Almira bersama ibunya

Almira Dirain © 2016 brilio.net

Media lokal Filipina, Proudpinoy Tv menuturkan pada bulan Mei 2016, Dalam acara wisuda sekolah tersebut, Almira bahkan ditunjuk sebagai siswi yang membawakan pidato perpisahan sekolah di depan seluruh guru dan siswa. Dalam pidatonya Almira tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada ibunya yang setiap hari memeras keringat untuknya.

Loading...

"Ibu saya memang hanya seorang buruh cuci pakaian, tapi bukan berati kami berpasrah dan mengurungkan mimpi-mipi kami," ujar Almira dalam pidatonya.

Di akhir pidatonya, ibu Almira juga diberi kehormatan untuk naik ke panggung dan memeluk anaknya yang masih memakai toga. Saking sederhana kehidupannya, ibu Almira hanya mengenakan sandal jepit untuk menghadiri kelulusan putrinya tersebut.

Almira saat bepidato dalam acara perpisahan siswa

Almira Dirain © 2016 brilio.net

Semua anak yang lahir di dunia ini memang tidak bisa memilih, dari rahim siapa ia lahir. Namun setiap anak bisa memilih masa depannya, apakah akan berpangku tangan dan malas berusaha, atau sebaliknya.