Brilio.net - Media sosial memang memberikan kebebasan bagi para penggunanya untuk mengunggah berbagai gambar dan berkomentar terhadap postingan orang lain. Namun, tahukah kamu bahwa komentar itu terkadang bisa melukai perasaan seseorang meski maksudnya baik?

Pengalaman buruk itu dialami seorang ibu, Katie Crenshaw. Tiap kali Katie mengunggah foto putrinya yang mengalami hemangioma atau tumor pembuluh darah lunak pada bagian matanya selalu mendapat komentar. Banyak netizen yang mengatakan kasihan terhadap kondisi putrinya. Padahal baginya dan putrinya tidak butuh mendapat belas kasihan yang berlebihan seperti itu.

"We don't need to talk about it every time you look at her. We see past the color of her face. Charlie is Charlie and it’s part of who she is. It doesn’t need to be constantly commented on, critiqued, or questioned (kita tidak perlu membicarakannya setiap kali Anda melihat dia. Kami melihat masa lalu warna wajahnya Charlie dan itu bagian dari siapa dia. Itu tidak perlu terus-menerus mengomentari, mengkritik, atau mempertanyakan)," tulis Katie di blog pribadinya twelveandsix.com sebagaimana dilansir brilio.net, Senin (7/3).

Nah, berikut petikan isi curahan perasaan Katie sebagai orangtua setiap kali orang memberikan komentar perihal putri kesayangaannya:

Putri saya, Charlie Kate memiliki "tanda lahir" di wajahnya yang disebut hemangioma kapiler. Untuk lebih spesifik, itu ukurannya sekitar 5 cm x  6 cm. Ini biasanya hal pertama yang dilihat orang tentang dirinya. Saya tahu, karena biasanya itu hal pertama yang orang komentari.

Loading...

Saya mencoba, setiap hari, untuk mengingatkan diri sendiri bahwa tujuan komentar itu baik. Saya tidak marah tentang tanggapan itu. Saya mengerti bahwa itu sifat manusia untuk berkomentar ketika melihat sesuatu tentang seseorang yang membuat mereka berbeda. Bagi yang sering mengomentari putri saya, saya ingin berbagi pengetahuan.

Pertama, Hemangioma 101. Sebuah hemangioma kapiler adalah tumor pembuluh darah dengan berbagai ukuran dan bentuk. Ini tanda lahir, pada dasarnya. Kadang-kadang mereka disebut sebagai "stroberi". Hemangioma adalah cacat yang terjadi sangat awal kehamilan ketika sistem vaskular berkembang. Tidak ada penyebab atau pencegahan untuk hal ini. Tergantung pada lokasi, mereka dapat mengganggu jika tidak ditangani, karena beberapa mengalami pertumbuhan yang cepat, misalnya, hemangioma yang berada di dekat jalan napas atau hemangioma pada kelopak mata yang bisa menghalangi penglihatan.

Saya mendorong Anda bukannya berdoa itu akan hilang, tetapi berdoa agar putriku tumbuh menjadi seorang gadis percaya diri yang mencintai dirinya tidak peduli seperti apa penampilannya. Berdoa bahwa dia akan menjadi orang yang kuat di dalam zaman di mana kita diganggu untuk sejumlah alasan.

Tahan kasihan. Dia seorang anak yang sehat dan diberkati. Hemangiomanya sama saja dengan orang dengan bintik di lengannya. Anda tidak perlu menyebutkannya, dan Anda tidak perlu berharap itu hilang.