Brilio.net - Banyak yang mempertanyakan keputusan wasit setelah memberikan kartu merah kepada kiper Vietnam pada semifinal kedua Piala AFF 2016 di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12).

Kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh (24) terpaksa harus keluar lapangan, setelah wasit Fu Ming yang berasal dari China mengusirnya pada menit ke-76. Pertanyaan muncul karena ulah Tran Nguyen Manh memang tidak tertangkap kamera.

Semua bermula saat Indonesia mendapatkan sepak pojok. Nguyen Manh pun meninju bola ketika tengah berduel dengan Bayu Pradana. Keduanya terjatuh. Saat keduanya bangun, Bayu mengerang kesakitan sambil memegang punggungnya.

Setelah insiden wasit pun langsung berkomunikasi dengan hakim garis. Hasilnya, Nguyen Manh diganjar kartu merah karena dianggap menendang punggung Bayu Pradana ketika hendak bergerak bangun.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Karena keputusan itu, Vietnam harus bermain dengan sepuluh orang dan pemain belakang Que Ngoc Hai terpaksa menggantikan Nguyen Manh di bawah mistar dalam sisa laga hingga babak tambahan.

Vietnam harus menelan pil pahit setelah gagal lolos karena hanya mampu bermain imbang 2-2. Skor agregat 3-4 membuat Indonesia melaju ke final untuk bertemu pemenang laga semifinal lainnya, yakni antara Thailand dan Myanmar.

(brl/swh)