Brilio.net - Tim nasional Indonesia berkesempatan menjamu tim nasional Vietnam dalam leg pertama Semifinal Piala AFF 2016. Bermain di hadapan Presiden Joko Widodo dan puluhan ribu supporter yang memadati Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12), Indonesia berhasil membekuk Vietnam 2-1.

Indonesia unggul dulu pada saat pertandingan baru memasuki menit ke-7. Bek tengah Hansamu Yama Pranata menyundul masuk bola tendangan pojok Rizky Pora ke gawang Vietnam yang dikawal kiper Tran Nguyen Manh.

Vietnam yang meningkatkan intensitas serangan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui penalti pemain nomor punggung 10, Nguyen Van Quyet pada menit ke 17. Penalti diberikan setelah Beny Wahyudi dianggap mendorong pemain Vietnam tersebut di kotak penalti Indonesia. Skor imbang tersebut bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Indonesia kembali unggul 2-1 setelah tendangan penalti kapten Boaz Solossa sukses menjebol pojok kanan atas gawang Tran Nguyen Manh pada menit ke 50. Penalti diberikan setelah sebelumnya Stefano Lilipaly dijatuhkan pemain Vietnam.

Loading...

Sampai akhir peluit panjang dari wasit Jared Gillet asal Australia, Tim Garuda berhasil mempertahankan keunggulannya. Hasil positif itu menjadi bekal dalam laga leg kedua di Vietnam pada tanggal 7 Desember mendatang.

Terbang tinggi, Garuda! Kami tunggu kemenanganmu berikutnya.