Brilio.net - Wasit yang memimpin pertandingan Leg 1 Semifinal Piala AFF 2016 antara Tim Nasional Indonesia dengan Tim Nasional Vietnam di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12) mendapat sorotan netizen.

Wasit berusia 30 tahun asal Australia tersebut bernama Jarred Gillett. Ia adalah salah satu peserta Asian Football Confederation Project Future Referee yang studi banding di Premier League Inggris pada 2010. Ia kemudian melakukan debut profesionalnya dalam Liga A Australia pada 2010. Di musim debutnya, ia mewasiti 15 laga termasuk semifinal eliminasi A League antara Adelaide United vs Wellington Phoenix.

Wasit Semifinal -

Hanya butuh setahun, Ia berhasil menunjukkan kualitasnya sebagai wasit muda jempolan. Di musim 2011-2012 ia dinobatkan sebagai wasit terbaik A League sekaligus memimpin laga final A League. Pada tahun 2013 ia mendapat lisensi wasit FIFA yang membuatnya berhak memimpin pertandingan Internasional.

Walau penuh prestasi namun Jarred Gillet ternyata banyak juga menuai kontroversi. Selama menjadi wasit di A League, Gillett seperti dilansir brilio.net dari Soccerway, Minggu (4/12) memang salah satu wasit yang doyan mengeluarkan kartu kuning.

Loading...

Dari tiga laga terakhir yang ia pimpin di A League, Gillet tercatat telah mengeluarkan 14 kartu kuning dan 1 kartu merah.

Wasit semifinal Istimewa

Gillett juga tercatat sempat mendapat protes keras dari pelatih klub A League, Tony Popovich. Popovich yang melatih klub Western Sydney Wanderers memprotes banyak keputusan Gillett di laga timnya melawan Sydney FC pada Oktober 2016 lalu.

Bahkan akibat protesnya Popovich mendapat hukuman dari federasi sepak bola Australia. Pada pertandingan itu, Gillett memberi tiga kartu kuning dan satu kartu merah kepada pemain Western Sydney Wanderers, serta hanya memberi satu kartu kuning kepada pemain Sydney FC.