Brilio.net - Lebaran merupakan hari yang menyenangkan bagi kita semua. Berkumpul dengan keluarga, reuni dengan teman lama, hingga menikmati libur lebaran yang lumayan panjang. Namun kamu juga harus tetap waspada lho, kerena pola makan bakalan cenderung sulit dikontrol.

Berbagai menu makanan lezat banyak dihidangkan seperti makanan manis, makanan yang banyak mengandung minyak dan makanan berlemak yang bakal membuat berat badanmu melaju kencang, dan membuat perutmu jadi membuncit. Wah... wah!

Nah, setelah bersenang-senang dengan berkumpul bersama keluarga, kamu juga harus kembali ke dunia nyata dan mengembalikan perutmu agar kembali rata.

Dilansir brilio.net dari Popsugar, Selasa (27/6), berikut ini ada sembilan gerakan yang bisa kamu lakukan segera setelah lebaran berakhir. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini!

1. Plank dipercaya sangat efektif, lho.

Loading...

stok_ngecilin perut_liv © 2017 brilio.net

foto: notyouravaragerunner

Plank adalah olahraga yang nggak memerlukan perpindahan tubuh. Jadi kamu udah nggak perlu lagi buat ke mana-mana alias di rumah saja bisa kok dilakuin. Cukup dengan menahan seluruh badanmu menggunakan bagian kedua tangan hingga siku, serta kaki dengan posisi yang lurus. Posisi tubuh yang benar dan lurus seperti ini akan membuat otot-otot kuat dan tulang-tulang dalam tubuh bagian belakang berada pada posisi normal.

2. Melakukan gerakan crunch twist.

stok_ngecilin perut_liv © 2017 brilio.net

foto: healthcarecom

Caranya adalah dengan meletakkan kedua tanganmu di tengkuk kemudian angkat kedua kakimu. Kaki kanan diangkat lurus dan kaki kiri sedikit ditekuk, kemudian lakukan bergantian dengan kaki yang lainnya.

3. Bisa juga dengan melakukan bicycle crunches, kayak naik sepeda, nih.

stok_ngecilin perut_liv © 2017 brilio.net

foto: popsugar

Latihan ini memiliki beberapa sebutan seperti air bike, ataupun bicycle maneuver jadi seperti menaiki sepeda di udara. Latihan ini bisa membuat seluruh area perut bekerja.

4. Lanjutkan dengan melakukan push up.

stok_ngecilin perut_liv © 2017 brilio.net

foto: popsugar

Memang banyak yang sudah tahu gerakan push up, tapi masih jarang yang bisa melakukannya dengan benar. Untuk bisa melakukan dengan benar, posisi tubuhmu saat disangga oleh tangan dan kaki haruslah lurus. Kemudian angkat tubuh dan bangkit dari posisi tersebut selambat mungkin.

5. Untuk bisa mengencangkan paha dan otot bawah, kamu bisa melakukan gerakan ini.

stok_ngecilin perut_liv © 2017 brilio.net

foto: popsugar

Gerakan ini bisa digunakan untuk bisa mengencangkan paha dan otot bawah yang sudah lama tidak diajak untuk pemanasan.

Pertama, letakan tangan dan lututmu di lantai, kemudian angkat kaki kiri dan tangan kanan secara bersamaan dan berlahan-lahan hingga lurus dengan tubuh. Begitu juga untuk kaki dan tangan yang satunya lagi.

6. Olahraga sambil duduk di rumah bisa, kok.

stok_ngecilin perut_liv © 2017 brilio.net

foto: pinterest

Duduklah di atas kursi, posisi badan dan tangan haruslah lurus. Kemudian coba angkat satu kaki dan jaga keseimbangan. Tahan beberapa detik sekuatmu kemudian ganti dengan kaki yang satunya.

7. Melakukan gerakan squats untuk melatih keseimbangan.

stok_ngecilin perut_liv © 2017 brilio.net

foto: popsugar

Yup, gerakan squatting ini memang membutuhkan keseimbangan. Gerakan ini bisa membantumu membakar lemak di perut dan juga paha.

Mulailah dengan meletakkan tangan menjulur ke depan dan berusahalah untuk duduk. Bayangkan kamu seakan sedang hendak duduk di kursi. Namun posisi tubuh agak miring ke depan sehingga semakin kamu turun, akan terbentuk sudut dari bagian tubuh dan paha atas.

8. Gerakan pengencangan pinggang.

stok_ngecilin perut_liv © 2017 brilio.net

foto: popsugar

Kamu bisa mulai memosisikan kaki-kakimu seperti kuda-kuda. Kemudian bersandarlah pada dinding. Pegang benda yang cukup berat untuk menjadi pengencang otot tangan. Baru kemudian tengok ke kanan-ke kiri dengan tubuhmu.

9. Ab exercises.

stok_ngecilin perut_liv © 2017 brilio.net

foto: popsugar

Bukan cuma bisa mengencangkan perut saja, gerakan ini juga bisa membuat pahamu lebih ramping. Diawali dengan posisi tidur dan tangan menjulur lurus ke atas. Lalu secara perlahan temukan telapak tangan dengan lutut pada titik yang pas. Begitu juga untuk kaki dan tangan satunya.

Jika kamu rutin melakukan kesembilan gerakan tersebut dalam empat minggu dengan ukuran yang tepat, maka kamu akan merasakan keadaan perut buncitmu bisa kembali rata seperti semula.