Brilio.net - Hasil akhir MotoGP Indonesia 2022 yang diselenggarakan di sirkuit Mandalika pada Minggu (20/3) menyisakan Miguel Oliveira (88) sebagai pemenangnya. Siapa sangka pembalap asal Portugal yang memulai balapan dari posisi ke-7 itu berhasil menyalip Fabio Quartararo yang memulai di pole position.

Dalam perlombaan yang mulai pukul 16.15 WITA tersebut, Oliveira berhasil mencatat waktu tercepat ketika menyentuh garis finish. Oliveira berhasil menaklukkan lintasan basah Sirkuit Mandalika.

Mengisi podium ada Fabio Quartararo yang berada di posisi kedua. Quartararo memulai lomba di pole position, namun ia terus merosot hingga disusul oleh Miguel Oliveira. Pada lap ke-5, pembalap nomor 20 itu berhasil menyalip pembalap lain hingga akhirnya menempati posisi kedua. Sedangkan, di posisi ketiga ada Johann Zarco yang berhasil melewati Jack Miller mendekati lap terakhir.

Dalam wawancara usai balapan, Oliveira mempersembahkan kemenangannya untuk putrinya. Selain itu, dia mempersembahkan kemenangan ini untuk seorang staf di hotel tempatnya menginap. Staf hotel tersebut yang membantu Oliveira selama di Lombok.

Mengutip dari situs MotoGP, Miguel Oliveira memulai sudah akrab dengan dunia balap sejak tahun 2005 ketika ia memenangkan kejuaraan MiniGP Portugal. Pada tahun 2009 ia berada di urutan ketiga di FIM CEV Repsol, dan pada tahun 2010 melawan Maverick Vinales untuk balapan terakhir musim ini untuk gelar - akhirnya menyelesaikan runner-up dengan hanya dua poin sebelum debut Kejuaraan Dunia pada tahun 2011. Selamat untuk Miguel Oliveira!

(brl/pep)

(brl/pep)