Brilio.net - Selesai bereuforia atas hasil pencapaian lolos ke perempat final Piala Asia, kini Timnas Indonesia U-19 tengah bersiap meladeni Jepang. Unggul di atas kertas tentu saja Jepang lebih difavoritkan. Apalagi status mereka adalah juara bertahan Piala Asia U-19.

Tapi meski demikian, ternyata tim berjuluk Samurai Biru ini juga sangat mewaspadai kekuatan Garuda Muda. Ini disampaikan langsung oleh pelatih Masanaga Kageyama. Dilansir brilio.net dari laman Japan Football Association (JFA), pelatih Jepang U-19 khususnya menyoroti ketangguhan Egy Maulana dan kawan-kawan. Terutama saat mengejar ketertinggalan lawan Qatar dan mampu menang ketika menghadapi Uni Emirat Arab (UEA).

"Indonesia merupakan tim yang sangat kuat. Meskipun tertinggal (saat pertandingan melawan Qatar), mereka menunjukkan persistensi ekstrem untuk mengejar ketertinggalan. Sementara di pertandingan ketiga, mereka menyingkirkan lawan meski bermain dengan 10 orang pemain. Kita harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapinya," ujar Kageyama seperti brilio.net kutip, Jumat (26/10).

kata jepang soal indonesia u-19 © Instagram-foto: Instagram/@pssi__fai

Tapi tak berarti pesimis, pelatih Jepang ini menyebutkan memiliki kekuatan dari segi taktik. Jepang U-19 baru-baru ini berhasil menerapkan taktik baru dengan hanya memasang tiga bek di garis pertahanan.

Loading...

"Itu adalah kekuatan kami. Karena pemain ini telah bermain di banyak liga dan di bawah banyak pelatih, mereka memiliki pengalaman bermain dalam banyak strategi dan taktik," lanjutnya.

Laga melawan Jepang tentu bukan pertandingan mudah bagi skuat Indra Sjafri. Namun Indonesia masih memiliki pemain ke-12, yaitu suporter. Puluhan ribu pasang mata yang akan memadati Stadion Gelora Bung Karno pada Minggu (28/10) nanti tentunya akan memberikan kekuatan tersendiri untuk Timnas U-19.