Brilio.net - Timnas Indonesia U-19 berhasil lolos dari babak penyisihan terakhir Grup A Piala AFC 2018, Rabu (24/10) malam. Skuat asuhan Indra Sjafrie itu mencapai babak 8 besar setelah mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Gol kemenangan skuat Garuda Muda tercipta dari tendangan Witan Sulaiman pada menit ke-23. Sepakan kaki kanannya menjebol gawang Suhail Abdulla pada menit ke-23. Indonesia unggul 1-0 hingga turun minum.

Memulai babak kedua dengan keunggulan, pelatih Indra Sjafri membuat perubahan strategi dengan memasukkan Todd Rivaldo Ferre menggantikan Hanis Saghara. Sayang baru delapan menit babak kedua berjalan, Indonesia harus kehilangan sang kapten. Tekel keras kapten Nurhidayat membuahkan kartu kuning kedua untuk dirinya.

Ia harus meninggalkan lapangan pada menit ke-53. Dengan 10 pemain, Indonesia bermain dengan tekanan. Indra Sjafri pun menarik Saddil Ramdani dan memasukkan Indra Mustafa pada menit 55. Keputusan Indra Sjafri itu berbuah manis. Meski UEA berkali-kali mencoba membongkar pertahanan yang dikawal oleh Rachmat Irianto cs.

Timnas Indonesia U-19 berhasil menahan gempuran UEA sepanjang 90 menit pertandingan bergulir. Keberhasilan timnas menang clean sheet ini tak terlepas dengan beberapa pemain kuncinya.

Loading...

Ada beberapa pemain yang memiliki catatan melakukan umpan terbanyak. Berikut catatan lima pemain ini seperti dilansir brilio.net dari laman AFC.

1. Asnawi Mangkualam Bahar

Bola istimewa

foto: Instagram/@asnawibhr

Gelandan PSM Makasssar ini memiliki akurasi umpan dengan persentase 68,8. Selama pertandingan pemain muda juga melakukan umpan panjang sebanyak 6 kali dan umpan pendek sebanyak 25 kali. Asnawi juga berhasil memenangkan duel dengan lawan sebanyak 10 kali dan kalah sebanyak 4 kali. Menang duel udara sebanyak 1 kali dan kalah sebanyak 1 kali.

2. Muhamad Luthfi Kamal Baharsyah

Bola istimewa

foto: Instagram/@luthfikml7

Aksi pemain tengah ini cukup ciamik. Akurasi umpan yang berhasil dilakukannya sebanyak 66,7 persen. Luthfi melakukan umpan panjang sebanyak 4 kali dan umpan pendek sebanyak 36 kali. Berhasil menang duel sebanyak 5 kali dan kalah 7 kali. Menang duel udara sebanyak 1 kali dan kalah 1 kali.

3. Nurhidayat Haji Haris

Bola istimewa

foto:Instagram/@nurhidayatnh32

Nurhidayat sempat menjadi sorotan di beberapa pertandingan karena aksi bermainnya di lapangan Hijau. Dalam pertandingan semalam Rabu (24/10), dia berhasil akurasi umpan sebanyak 50% dan melakukan umpan panjang sebanyak 7 kali dan pendek 23 kali. Nurhidayat pula berhasil menang duel lawan sebanyak 3 kali dan kalah 3 kali. Menang duel udara sebanyak 1 kali dan kalah 1 kali.

4. Rachmat Irianto

rachmat irianto bek andalan instagram

foto: Instagram/@rachmatirianto

Anak sulung legenda Timnas Indonesia, Bejo Sugiantoro bermain cukup baik dalam melawan Uni Emirat Arab. Rachmat berhasil akurasi umpan sebanyak 80 persen dan melakukan umpan panjang sebanyak 2 kali dan umpan pendek 28 kali. Rachmat pula berhasil menang duel lawan sebanyak 4 kali dan kalah 2 kali. Serta menang duel udara sebanyak 1 kali dan kalah 1 kali.

5. Syahrian Abimanyu

Bola istimewa

foto: Instagram/@syahrian.abimanyu

Gelandang Tim Garuda Nusantara, Syahrian Abimanyu berhasil melakukan akurasi umpan sebanyak 57,1 persen dan melakukan umpan panjang sebanyak 8 kali dan pendek sebanyak 36 kali. Menang duel lawan sebanyak 7 kali dan kalah 9 kali serta menang duel udara sebanyak 2 kali dan kalah 2 kali.