Brilio.net - Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal ajang sepak bola SEA Games 2017, setelah sukses menundukkan Kamboja 2-0 di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis (24/8). Di semifinal, Indonesia sudah ditunggu oleh tuan rumah Malaysia yang menjadi juara grup A.

Perjalanan tim Garuda Muda di grup B terbilang tidak mudah. Sejak pertandingan awal, anak asuh Luis Milla menerima banyak kartu kuning. Bahkan beberapa pertandingan harus diwarnai dengan kericuhan hingga merugikan timnas. Berikut daftar kartu yang diterima oleh punggawa timnas hingga pertandingan terakhir melawan Kamboja, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/8).

1. Indonesia vs Thailand.

daftar kartu yang diterima punggawa timnas © 2017 berbagai sumber

foto: fourfourtwo.com

Loading...

Di laga pembuka, tim Garuda Muda berhasil menahan imbang juara bertahan Thailand dengan skor 1-1. Gol Indonesia dicetak melalu titik putih oleh Septian David Maulana.

Sayangnya di laga pembuka ini Hargianto harus mendapat kartu kuning pertama di ajang SEA Games 2017 usai melanggar pemain Thailand. Kartu yang diterima oleh Hargianto ini seolah menjadi keran pembuka hujan kartu kuning yang diterima punggawa timnas selama SEA Games 2017.

2. Indonesia vs Filipina.

daftar kartu yang diterima punggawa timnas © 2017 berbagai sumber

foto: bola.net

Kartu kuning terbanyak yang diterima anak asuh Luis Milla adalah saat laga melawan Filipina. Meski berakhir dengan kemenangan Indonesia 3-0, namun Garuda Muda harus menerima tiga kartu kuning sekaligus di laga ini.

Yang pertama, Evan Dimas mendapatkan kartu kuning dari wasit karena dianggap melakukan aksi diving di dalam kotak penalti. Selanjutnya kapten tim Hansamu mendapat kartu kuning setelah bertikai dengan pemain Filipina Roberto Corsame. Ia menyikut paha Corsame setelah duel berebut bola. Rezaldi Hehanusa menjadi pemain ketiga yang mendapatkan kartu kuning. Rezaldi dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain Filipina.

3. Timor Leste vs Indonesia.

daftar kartu yang diterima punggawa timnas © 2017 berbagai sumber

foto: fourfourtwo.com

Indonesia berhasil menaklukkan Timor Leste 1-0 di laga ketiga penyisihan grup B. Sayangnya, laga ini harus ternoda. Jelang laga bubar, kedua tim terlibat kericuhan.

Buntut dari kericuhan tersebut, wasit harus mengeluarkan tiga kartu kuning dan satu kartu merah. Dua kartu kuning didapat Marinus Wanewar dan Evan Dimas. Sedangkan Timor Leste mendapat satu kartu kuning dan satu kartu merah untuk Filipe Oliveira.

Gara-gara kartu kuning di laga ini, Evan Dimas harus absen saat melawan Vietnam karena telah mendapat kartu kuning sebelumnya di laga melawan Filipina.

4. Vietnam vs Indonesia.

daftar kartu yang diterima punggawa timnas © 2017 berbagai sumber

foto: kualalumpur2017.com.my

Ini adalah pertandingan terberat Indonesia di babak penyisihan. Tim Garuda Muda harus berjuang mati-matian menahan gempuran Vietnam. Sejak menit ke-64, tim asuhan Luis Milla harus bermain dengan 10 orang setelah Hanif Sjahbandi mendapat kartu kuning kedua.

Hanif diganjar hukuman tersebut karena dianggap memukul salah seorang pemain Vietnam. Hasil akhir 0-0 membuat peluang Indonesia untuk lolos ke semifinal tetap terjaga. Hingga pertandingan ini, timnas telah mengoleksi delapan kartu kuning.

5. Indonesia vs Kamboja.

daftar kartu yang diterima punggawa timnas © 2017 berbagai sumber

foto: youtube.com

Laga melawan Kamboja yang berakhir 2-0 untuk kemenangan Indonesia menjadi laga kedua yang berakhir ricuh. Marinus bahkan dikabarkan melakukan provokasi diduga dengan memegang alat vital ke arah para pemain tim lawan.

Akibat kericuhan ini, timnas bakal kehilangan tiga pemain kunci saat melakoni semifinal SEA Games 2017. Hansamu Yama, Muhammad Hargianto dan Marinus Wanewar tak bisa bermain dalam laga perebutan tiket final ini karena akumulasi kartu kuning.

Selama pertandingan di babak penyisihan, total tim Garuda Muda telah mengoleksi 11 kartu kuning.