Brilio.net - PSSI akhirnya resmi menunjuk Luis Milla Aspas sebagai pelatih anyar Timnas Indonesia dalam jumpa pers yang digelar di kantor PSSI Pusat, Jakarta, pada Jumat 20 Januari 2017 petang. Mila ditunjuk menjadi pelatih untuk menggantikan Alfred Riedl yang kontraknya tak diperpanjang usai ajang Piala AFF 2016.

Sebelumnya, Milla menjadi kandidat kuat bersama Luis Fernandez untuk menjadi penerus Alfred Riedl.

"Saya sangat senang dengan sambutan yang diberikan sejak tiba di Jakarta. Sangat penting untuk saya menerima pekerjaan ini dan saya yakin bisa membentuk tim yang bagus," ujar Milla sebagaimana dikutip brilio.net dari bola.net, Jumat (20/1).

ini dia profil pelatih anyar timnas indonesia © 2017 berbagai sumber

foto: theapricity.com

Loading...

Sebelum dipilih melatih timnas, Milla merupakan pelatih yang cukup berpengalaman dalam menukangi sejumlah tim. Pada tahun 2011, mantan pemain Real Madrid dan Barcelona itu berhasil menjuarai Piala Eropa U-21 bersama Timnas Spanyol U-21.

Namun sayangnya, setahun kemudian Milla malah dipecat oleh Federasi Sepak Bola Spanyol karena gagal meloloskan tim Matador dari babak fase grup Olimpiade 2012.

Selanjutnya pada tahun 2013, Milla melanjutkan karier kepelatihannya di Uni Emirat Arab bersama Al Jazira. Ini menjadi debutnya sebagai pelatih kepala klub profesional. Kariernya di Al Jazira tidak bertahan lama, ia hanya dipercaya selama delapan bulan.

ini dia profil pelatih anyar timnas indonesia © 2017 berbagai sumber

foto: alchetron.com

Kemudian pada awal musim 2015/16, Milla memilih pulang ke Spanyol. Pria berusia 50 tahun tersebut ditunjuk sebagai pelatih tim Divisi Dua Liga Spanyol, Lugo. Dan pada Februari 2016, Milla dipercaya sebagai pelatih kepala Real Zaragoza.

Namun sayangnya, lagi-lagi kariernya tidak bertahan lama. Ia didepak dan hanya menangani Real Zaragoza selama empat bulan, dari Juli 2016 hingga Oktober 2016.

Meski sudah tiga kali dipecat selama karier kepelatihannya, namun Milla tercatat sukses menelurkan beberapa bintang dunia. Hal ini sukses ia lakukan saat menukangi Timnas Spanyol U-21 di Piala Eropa 2011.

Nama-nama seperti Thiago Alcantara, David De Gea, Ander Herrera, Juan Mata, dan Javi Martinez merupakan anak emas Luis Milla ketika menangani timnas Spanyol junior kala itu.

Kini setelah resmi melatih Timnas Indonesia, target tinggi pun dibebankan PSSI kepada Milla. Salah satunya adalah membawa timnas Indonesia U-22 juara di ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.