1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Olahraga
Rizky Mandasari 25 Desember 2016 07:04

10 Momen olahraga paling fenomenal sepanjang tahun 2016

Kejadian di dunia olahraga yang cukup mengejutkan.

Brilio.net - Sepanjang tahun 2016 ini, banyak peristiwa yang terjadi. Khususnya momen-momen paling fenomenal yang terjadi selama tahun 2016. Tak terkecuali dalam bidang olahraga, banyak momen yang sangat fenomenal terjadi di tahun 2016 ini. Salah satu di antaranya adalah dari dalam negeri sendiri Owi dan Butet memberikan hadiah ulang tahun di HUT Indonesia pada 17 Agustus 2016 medali emas dalam cabang olahraga bulu tangkis.

Nah, kamu pasti semakin penasaran kan momen olahraga apalagi yang fenomenal sepanjang tahun 2016? Yuk disimak berikut ini 10 momen olahraga paling fenomenal sepanjang tahun 2016 yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Minggu (25/12).

1. Leicester City juara Liga Inggris.

foto: dailymail.co.uk

DI awal musim 2015/2016, bisa dibilang tidak ada yang melirik Leicester City sebagai kandidat saat pengamat sepak bola berbicara tentang siapa kandidat kuat juara Premier League. Namun Jamie Vardy dan squadnya mampu memberikan kejutan dengan tampil konsisten meraih tiga poin.

2. Muhammad Ali meninggal dunia.

foto: theringer.com

Mantan juara dunia kelas berat ini meninggal di sebuah rumah sakit di Kota Phoenix, Arizona pada hari Jum'at 3 juni 2016. Ali menderita gangguan pernapasan, sebuah kondisi komplikasi yang disebabkan oleh penyakit Parkinson yang dideritanya. Dunia ikut berduka karena kepergian salah satu olahragawan terbaik di dunia.

3. Rio Haryanto jadi pembalap Indonesia pertama di ajang Formula 1.

foto: thecheckeredflag.co.uk

Pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto berhasil membawa nama Indonesia ke level tertinggi dalam dunia balap. Di balapan Formula 1 musim ini, Rio Haryanto menjadi pembalap pertama yang berasal dari Indonesia. Jelas hasil tersebut membuat bangga masyarakat Indonesia karena setelah sekian tahun digelar, Indonesia akhirnya memiliki wakil dalam balapan bergengsi tersebut.

4. Portugal juarai Piala Eropa 2016.

foto: indianexpress.com

Portugal tanpa disangka berhasil menjuarai Piala Eropa 2016 lewat kemenangan 1-0 atas Perancis dalam final di Stade de France, Minggu (10/7/2016) waktu setempat. Keberhasilan tim nasional Portugal menjuarai Piala Eropa ini adalah untuk pertama kalinya dalam sejarah.

5. Joseph Schooling taklukkan Michael Phelps.

foto: huffingtonpost.ca

Bintang renang Singapura, Joseph Isaac Schooling berhasil merebut medali emas Olimpiade sekaligus mengalahkan perenang idolanya, Michael Phelps. Tidak ada yang menyangka Schooling bisa mengalahkan Phelps, si juara bertahan yang pernah melatihnya 8 tahun yang lalu.

BRILIO VIDEO

Cara Tak Tertular Saat Musim Flu Dan Batuk
Sebelum kena flu atau batuk, baiknya intip cara agar tak mudah tertular penyakit yang sering menyerang di musim hujan tersebut ya guys.

6. Owi-Butet raih medali emas olimpiade.

foto: olympics.bwfbadminton.com

Di HUT Kemerdekaan Indonesia, pasangan ganda campuran Owi-Butet memberikan hadiah terindah kepada Tanah Airnya. Mereka meraih medali emas dalam cabang olahraga bulu tangkis di Olimpiade Rio 2016 di Brasil, Rabu, 17 Agustus 2016. Lagu Indonesia Raya bergema, Owi-Butet ikut menyanyikan lagu tersebut sembari hormat pada bendera Merah Putih.

7. Marc Marquez juara MotoGP.

foto: redbull.com

Gelar juara dunia MotoGP 2016 diraih Marquez di Motegi, Minggu (16/10/2016). Untuk Marquez, ini merupakan titel juara dunia MotoGP yang ketiga dalam empat musim keikutsertaannya di kelas primer (2013, 2014, 2016). Dengan usia yang masih 23 tahun, Marquez juga tercatat sebagai rider termuda yang punya tiga titel juara dunia kelas primer.

8. Conor McGregor cetak sejarah UFC.

foto: baltimoresportsandlife.com

Conor McGregor mencetak sejarah dengan menjadi petarung pertama dalam seni bela diri campuran yang berhasil mengawinkan sabuk juara kelas bulu dan ringan setelah mengalahkan Eddie Alvarez dengan kemenangan KO dalam pertandingan UFC Madison Square Garden, Minggu (13/11/2016). Petarung asal Irlandia Utara itu memenangkan pertarungan di ronde kedua ketika waktu masih menyisakan 3 menit 4 detik.

9. Nico Rosberg juara Formula 1.

foto: sportsmole.co.uk

Nico Rosberg sukses menjadi juara dunia ajang balap Formula 1 2016. Dipastikan ia menempati posisi runner-up di balapan terakhir di GP Abu Dhabi. Bagi Rosberg, gelar juara ini menjadi yang pertama di sepanjang kariernya sebagai pebalap F1. Dia sudah mencatatkan 206 kali start di ajang adu cepat 'jet darat' tersebut.

10. Indonesia runner-up AFF untuk kelima kalinya.

foto: bola.net

Timnas Indonesia akhirnya harus puas menjadi runner-up di Piala AFF 2016 setelah di pertandingan leg kedua final Piala AFF 2016 yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016). Timnas Indonesia kalah agregat 2-3 dari Thailand dan untuk kelima kalinya dalam sejarah turnamen hanya selesai sebagai runner-up.

(brl/del)

YOU MAY ALSO LIKE

Cowok Pintar vs Cowok Tajir
Kira-kira kalau harus milih, cewek lebih suka cowok pintar atau cowok tajir, ya? Yuk, cari tahu pendapat mereka hanya di Brilio.net!
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

10 Momen olahraga paling fenomenal sepanjang tahun 2016.
Kejadian di dunia olahraga yang cukup mengejutkan.
https://www.brilio.net/olahraga/10-momen-olahraga-paling-fenomenal-sepanjang-tahun-2016-161224a.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?