Brilio.net - Setelah dibekukan beberapa waktu lalu, kini PSSI hadir dengan wajah baru di bawah Edy Rahmayadi sebagai ketua umum periode 2016-2020. Dalam konggres yang diselenggarakan di Hotel Mercure, Jakarta, Kamis (10/11), Edy menang telak dibandingkan dengan kandidat lain.

Awalnya pemilihan ketua umum diikuti oleh sembilan kandidat. Akan tetapi Erwin Aksa dan Tony Apriliani mengundurkan diri, sedangkan Djohar Arifin Husin statusnya tidak diampuni. Djohar Arifin Husin dicoret dari pencalonan karena statusnya sebagai penerima sanksi batal dipulihkan dalam kongres kali ini.

Edy Rahmayadi © 2016 brilio.net

Djohar, seperti diketahui, mendapat sanksi pemberhentian serta sanksi seumur hidup dari PSSI pada 2015. Dengan demikian menyisakan enam calon, Edy Rahmayadi, Moeldoko, Edyy Rumpoko, Sarman, Bernhard Limbong dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Dalam prosesnya, seluruh pemilik suara PSSI semuanya menyalurkan hak pilihnya dengan total 107 pemilik suara. Edy meraih 76 suara sedangkan Moeldoko dengan 23 suara dan Eddy Rumpoko dengan satu suara. Sementara tujuh suara lainnya tidak sah.

Loading...

"Dengan ini hasil pemilihan saya nyatakan sah," kata mantan Menteri Perhubungan, Agum Gumelar menetapkan hasil pemilihan dikutip Antara.