Brilio.net - Neymar saat ini tengah mempertimbangkan tawaran Paris Saint-Germain (PSG) untuk menjadikannya salah satu member mereka. Sebagai salah satu pesepak bola terbaik dunia, release clause Neymar mencapai 222 juta euro atau Rp 3,5 triliun. Release Clause merupakan sebuah pasal dalam perjanjian antara pesepak bola dan klub yang menerangkan jumlah yang harus dibayar oleh klub lain jika ingin membeli seorang pemain dalam masa kontrak.

Jika PSG bersedia membayar jumlah ini maka Neymar akan mencetar rekor baru sebagai pesepak bola dengan jumlah transfer tertinggi mengalahkan Paul Pogba.

Release clause sebenarnya juga bisa dibayarkan pemain. Dalam penerapannya, tidak banyak pemain yang membayar release clause ini untuk bisa bebas. Kebanyakan yang terjadi adalah klub lain yang tertarik dengan pemain yang akan membayar biaya ini. Misalnya Neymar sebelumnya menyetujui pasal bahwa dia bisa bebas atau pindah ke klub lain kalau bersedia membayar Rp 3,5 triliun. Dalam perjalanan selanjutnya, PSG lah klub yang tertarik pada Neymar yang membayar jumlah uang ini dan bukan Neymar.

Berikut 5 perbandingan harga release clause Neymar jika dibandingkan dengan proyek infrastruktur era Presiden Jokowi. Akan terlihat betapa besar dana tersebut.

 

1. Ratusan jembatan antar pulau terpencil.

Neymar PSG © 2017 brilio.net


Pemerintah Indonesia sejak 2016 telah menginventasikan lebih dari Rp 400 miliar lho untuk pembangunan 35 jembatan. Nah, kalau dibandingkan dengan harga Neymar, wah bisa hampir 300 jembatan tuh dibangun di Papua.


2. Jalan tol sepanjang 8 km.

Neymar PSG © 2017 brilio.net

 


Jika dibandingkan dengan jalan tol Tanjung Priok sepanjang 11,4 km, dana transfer Neymar setara dengan 2/3 jalan tol yang telah beroprasi sejak April tahun ini.

 

3. 4 Jembatan Merah Putih Ambon.

Neymar PSG © 2017 brilio.net
Pict: Kementerian PUPR


Satu jembatan Merah Putih di Ambon aja udah wow banget. NAh, dana Rp 3,5 triliun bisa dipakai buat 4 jembatan yang sama dan masih sisa Rp 400 miliar.

 

4. 4 Jalur kereta api Solo - Bandara Soemarmo.

Neymar PSG © 2017 brilio.net
foto: Faktariau.com


Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Edi Sukarmo menuturkan jalur kereta ini diperkirakan menghabiskan Rp 700-800 miliar. Nah, artinya harga Neymar itu setara dengan biaya pembangunan 4 jalur kereta dong ya.

 

5. Separoh proyek infrastruktur Asian Games.

Neymar PSG © 2017 brilio.net

 

Pembangunan venue Asian Games 2018 mencapai Rp 7 triliun. Nah, release Clause-nya Neymar mampu mendanai setengah nya. Wow!