Brilio.net - Ada yang menarik pada laga Premier League antara Watford melawan West Bromwich Albion, Rabu dini hari (5/4) tadi. Pertandingan itu dimenangkan Watford dengan skor 2-0.

Watford sukses memetik kemenangan kendati harus bermain dengan 10 orang sejak menit 65 setelah Miguel Britos dikartu merah wasit Paul Tierney.

Tapi lihatlah pada kartu merah yang dikeluarkan wasit Tierney. Bentuknya tidak persegi panjang tapi sekilas seperti lingkaran lonjong (elips).

Kartu merah lingkaran berbagai sumber

Untuk saat ini, tidak ada petunjuk resmi tentang bentuk kartu dalam pertandingan sepak bola. Namun, ada penjelasan mengapa wasit menggunakan kartu merah berbentuk lingkaran daripada persegi panjang.

Loading...

Alasan paling utama, bentuk kartu berbeda memudahkan wasit untuk mengeluarkan kartu yang benar tanpa harus melihat bentuk dan warnanya. Ini dibutuhkan pada saat kartu merah harus segera dikeluarkan demi meredakan situasi di lapangan. Misalnya ada pemain yang memukul lawannya bertubi-tubi.

Alasan lain adalah memudahkan pemain yang mengalami buta warna. Dia akan tahu kartu apa yang dikeluarkan wasit untuknya. Jika persegi panjang maka kartu kuning jika lingkaran maka kartu merah.

Cek juga video lain ini tentang kartu merah berbentuk lingkaran.