Brilio.net - Indonesia kembali meraih medali emas. Namun kali ini sangat berbeda, karena emas ini diraih dari cabang eSports Asian Games 2018 oleh Ridel Yesaya Sumarandak.

Ridel berhasil mencetak sejarah setelah menjuarai turnamen ekshibisi game Clash Royale di cabang yang diminati generasi milenial ini. Berkat kemenangannya, remaja 16 tahun ini berhak membawa pulang medali emas dari pertandingan yang digelar di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (27/8).

ridel yesaya emas esports  © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@iespaorg

Meski meraih medali emas, perlu diingat bahwa perolehan medali cabor eSports tak akan memengaruhi posisi klasemen peserta Asian Games 2018. Hal ini lantaran cabang eSports masih ekshibisi atau uji coba.

Loading...

ridel yesaya emas esports  © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@iespaorg

Di babak final, remaja yang dikenal dengan nickname BenZerRidel itu sukses mengganyang wakil dari China, Huang Chenghui atau Lciop dengan skor 3-0. Hasil tersebut membuat Indonesia meraih medali emas pertama di eSports, disusul China perak dan Vietnam dengan perunggu.

ridel yesaya emas esports  © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@iespaorg

Sebelumnya, pelajar SMAN 3 Tondano itu berhasil lolos ke babak final melalui winner bracket usai mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2. Dalam pesta olahraga ini, pertandingan game 'Clash Royale' diikuti oleh delapan negara, yakni Laos, Hong Kong, Indonesia, China, Vietnam, Uzbekistan, Arab Saudi dan India.

Clash Royale sendiri merupakan game mobile dengan genre real-time strategy (RTS). Delapan atlet dari delapan negara berduel satu lawan satu dengan tujuan utama adalah menghancurkan sebanyak mungkin tower di wilayah lawan.