Brilio.net - Meninggalnya Kobe Bryant dalam sebuah kecelakaan helikopter pada Minggu (26/1) waktu setempat, menyisakan duka mendalam bagi penggemar basket dan dunia. Kecelakaan tersebut menewaskan sembilan orang termasuk Kobe Bryant dan putrinya, Gianna.

Ucapan duka mendalam terus mengalir di dunia maya, dari para pemain NBA, tokoh-tokoh publik, atlet-atlet dunia, hingga fans. Kobe Bryant memang bukan sosok pebasket biasa. Dia merupakan salah satu pemain terhebat dalam sejarah NBA yang bergelimang prestasi.

Pria yang dijuluki Black Mamba tersebut merupakan pemegang lima cincin juara NBA, dua kali menjadi Most Valuable Player (MVP) di final NBA dan liga reguler, 14 kali masuk All NBA Team, dan 15 kali masuk All Star Selections.

Kobe Bryant juga menjadi guard pertama yang tampil selama 20 musim di NBA dan juga jadi pebasket pertama yang 20 musim membela satu tim. Saat masa jayanya, Kobe adalah seorang pencetak poin mumpuni, defender tangguh, dan seorang juara sejati.

Ditulis BBC seperti dirangkum brilio.net dari bola.com pada Senin (27/1), Berikut ini kehebatan Kobe Bryant di NBA dalam angka.

1

Kobe Bryant dalam sejarah  Instagram

foto: Instagram/@koberyant

Kobe Bryant meraih penghargaan Most Valuable Player pada NBA musim 2007-2008.

Kobe Bryant juga pernah sekali menyabet penghargaan Oscar yang diraih untuk film animasi pendek terbaik pada 2016 untuk "Dear Basketball". Film tersebut berdurasi lima menit berdasarkan surat cinta untuk basket yang ditulisnya pada 2015.

2

Kobe Bryant dalam sejarah  Instagram
foto: Instagram/@koberyant

 

Dalam catatan angka dua. Kobe Bryant pernah menorehkan catatan berikut ini:

- Jumlah penghargaan NBA Finals MVP yang dimenangi Kobe Bryant, tepatnya pada musim 2008-2009 dan tahun berikutnya.

- Itu juga jumlah medali emas olimpiade yang dimenanginya. Dia membantu Amerika Serikat meraih medali emas Olimpiade pada 2008 dan 2012.

- Jumlah dua nomor jersey La Lakers yang dipensiunkan untuk menghormatinya: nomor 8 dan 24.

4

Kobe Bryant dalam sejarah  Instagram

foto: Instagram/@koberyant

Sepanjang karier Kobe Bryant, angka 4 jadi prestasi tersendiri. Pasalnya ia mendapat penghargaan hingga empat kali. Jumlah penghargaan All-Star MVP Awards yang dimenanginya, yaitu pada 2001-02, 2006-07, 2008-09 and 2010-11. Dia menyamai rekor Bob Pettit.

5

Kobe Bryant dalam sejarah  Instagram

foto: Instagram/@koberyant


Angka lima sama halnyanya dengan jumlah cincin NBA yang berhasial diboyong Kobe Bryant. Semua gelar juara diraih Kobe bersama LA Lakers.

9
Hanya empat pemain dalam sejarah NBA, yaitu Bryant, Michael Jordan, Kevin Garnett dan Gary Payton - yang terpilih untuk tim utama NBA All-defensive sebanyak 9 kali.

11
Kobe Bryant mencatatkan diri masuk All-NBA First Team sebanyak 11 kali. Dia menyamai pencapaian Karl Malone. Hanya LeBron James yang menjadi satu-satunya pemain yang melakukannya 12 kali.

15
Jumlah berapa kali Kobe Bryant tampil pada All Star Game, yang kedua terbanyak dalam sejarah. Dia hanya kalah dari LeBron James, yang terpilih main di All Star Games untuk ke-16 kali, dua hari lalu.

20

Kobe Bryant dalam sejarah  Instagram
foto: Instagram/@koberyant


Kobe Bryant menghabiskan 20 musim bersama Lakers. Hanya Dirk Nowitzki, yang bermain selama 21 musim bersama Dallas Maverick, yang menjadi pemain terlama memperkuat satu klub.

60
Jumlah poin yang disumbangkannya melawan Utah Jazz pada pertandingan terakhirnya di NBA. Kobe tercatat tujuh kali mencetak lebih dari 60 poin dalam sebuah pertandingan.