Brilio.net - Pemain sepak bola merupakan profesi yang cukup menjanjikan di tengah tumbuhnya industri sepak bola, tak terkecuali di Indonesia. Tak heran apabila semakin banyak orang yang bercita-cita menjadi pesepak bola profesional dengan gaji yang tinggi.

Namun, pendapatan dari sepak bola tak akan selamanya didapat mengingat jangka waktu pemain sepak bola profesional hanya berkisar sampai umur 30 hingga 40 tahun saja. Oleh sebab itu, para pesepak bola juga harus memikirkan pendapatan lain yang bisa didapat di luar dari sepak bola.

Hal itu mulai disadari oleh sejumlah pesepak bola Indonesia. Untuk mempersiapkan masa pensiunnya, mereka telah merintis sejumlah bisnis sampingan yang bergerak di bidang yang berbeda-beda. Harapannya, ketika mereka pensiun, mereka tak lagi bingung dari mana mereka harus mendapatkan penghasilan.

Siapa saja? Brilio.net menghimpun 7 pesepak bola Indonesia yang telah merintis bisnis sampingan dari berbagai sumber, Selasa (11/6) berikut ini.

1. Kim Kurniawan.

Loading...

bisnis pemain sepak bola © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@kk2limited

Pemain gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan diketahui memiliki bisnis restoran bernama Treasure Chicken yang berada di Kota Malang. Selain itu, ia juga mulai merambah bisnis clothing dengan nama brand 'Kim Kurniawan 23 Limited'. Kedua usaha tersebut telah dirilis Kim sejak beberapa tahun yang lalu.

Kini, pendapatan yang ia peroleh dari dua bisnis tersebut sudah mengalami peningkatan yang cukup tinggi, apalagi Bandung dikenal sebagai pusat fashion di Indonesia.

2. Hariono.

bisnis pemain sepak bola © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@h24wardrobe

Pemain Persib Bandung lainnya, Hariono juga tak mau kalah untuk membuka bisnis di tengah kesibukan sebagai pesepak bola profesional. Sama seperti Kim, Hariono juga telah merintis bisnis pakaian yang diberi nama 'H24'. Produk-produk H24 dijual melalui media sosial sejak tahun 2015 lalu.

3. Bambang Pamungkas.

bisnis pemain sepak bola © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@bepe20

Pemain Persija Jakarta, Bambang Pamungkas memiliki bisnis yang cukup menjanjikan di bidang media. Ia mendirikan sebuah portal berita olahraga bernama Sport Satu sejak tahun 2013 lalu.

Bisnis tersebut dirintis Bepe bersama presenter Darius Sinathrya. Selain itu, Bepe juga memiliki kesibukan lain sebagai motivator yang mengisi dalam sejumlah acara.

4. Galih Sudaryono.

bisnis pemain sepak bola © 2019 brilio.net

foto: bola.com

Mantan penjaga gawang Persija Jakarta yang kini memperkuat Persis Solo, Galih Sudaryono juga memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. Di luar pekerjaannya di lapangan hijau, ia telah merintis sejumlah bisnis. Pada awalnya, Galih sempat mencoba bisnis jual beli burung.

Saat PSSI dibekukan pada tahun 2015 lalu, ia sempat merambah bisnis sebagai operator penyewaan odong-odong. Keuntungan yang ia peroleh dari penyewaan odong-odong kini menjadi modal untuk mengembangkan bisnis terbarunya, yakni bisnis pakaian muslim. Ia pun memasarkan produknya melalui media sosial.

5. Atep.

bisnis pemain sepak bola © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@4tep

Atep Rizal, mantan pemain Persib Bandung yang kini memperkuat Mitra Kukar punya bisnis yang tak kalah menjanjikan. Ia mendirikan sekolah sepak bola atau SSB di Cianjur, Jawa Barat dengan nama A7 yang didirikan sejak tahun 2007.

6. Johan Ahmat Farizi.

bisnis pemain sepak bola © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@jhon87_barbershop

Pemain belakang Arema FC, Johan Ahmat Farizi telah menyiapkan masa depannya usai pensiun dari sepak bola dengan terjun ke dunia bisnis. Ia membuka gerai pengkas rambur di Malang dengan nama Jhon87 Barber Shop. Usahanya tersebut telah ia rintis sejak tahun 2018 lalu. Omsetnya kini berkisar Rp 500 ribu per harinya.

7. Hamka Hamzah.

bisnis pemain sepak bola © 2019 brilio.net

foto: bola.com

Pemain Arema FC lainnya, Hamka Hamzah juga telah menyiapkan masa pensiunnya usai tak lagi bermain sepak bola dengan membuka warung kopi di Kota Malang bernama Warkop 23. Selain di Malang, warkop tersebut juga telah dibuka di Makassar yang merupakan tempat kelahirannya.