Brilio.net - Qatar akan menjadi tuan rumah gelaran bergengsi Piala Dunia 2022. Menjelang turnamen sepak bola terbesar empat tahunan tersebut, Qatar tengah melakukan sejumlah persiapan, salah satunya membangun stadion.

Di antara stadion-stadion yang disiapkan untuk menggelar laga Piala Dunia 2022, Stadion Al Wakrah yang berada di sebelah selatan Qatar mendapat kritikan karena bentuknya dianggap menyerupai alat kelamin perempuan atau vagina.

Desain Stadion Al Wakrah dirancang oleh seorang arsitek perempuan asal Inggris, Dame Zaha Hadid yang meninggal dunia secara mendadak karena serangan jantung pada 2016 silam. Pada awalnya, Hadid mengungkapkan bahwa bentuk Stadion Al Wakrah terinspirasi oleh bentuk perahu tradisional yang digunakan oleh bangsa Arab.

Namun, sejak diperkenalkan pada 2013, banyak orang yang mengkritik bentuk Stadion Al Wakrah yang dianggap lebih mirip vagina raksasa daripada perahu.

Dilansir brilio.net dari sportbible.com pada Jumat (3/5), Hadid sempat memberikan tanggapan atas kritikan yang ditujukan pada desain stadion yang ia buat.

Loading...

"Sangat memalukan mereka membicarakan hal seperti itu. Apakah semua yang berlubang itu pasti vagina? Itu konyol," ujar Zaha kepada Time.

Hadid menambahkan, apabila desain tersebut dibuat oleh seorang pria, kritik yang mengatakan Stadion Al Wakrah mirip vagina raksasa tidak akan pernah ada.

Meski mendapatkan kritik karena bentuknya, Stadion Al Wakrah dilengkapi dengan teknologi yang canggih. Salah satunya ialah fitur pendingin udara yang dapat membuat suhu di dalam stadion menjadi 20 derajat celcius. Seperti diketahui, penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar sempat menimbulkan pro dan kontra mengingat Qatar dikenal memiliki suhu yang ekstrem. Selain itu, untuk meminimalisir ancaman cuaca ekstrem, penyelenggaraan Piala Dunia digelar pada musim dingin.

Stadion Al Wakrah direncanakan akan jadi tempat menggelar sejumlah pertandingan dari fase grup hingga perempat final. Stadion tersebut dapat menampung hingga 40 ribu penonton. Piala Dunia 2022 direncanakan akan digelar pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.