Alasan timnas Sea Games dilatih Indra Sjafri bukan Shin Tae-yong Berbagai sumber

foto: Twitter/@pssi

Awalnya, Shin Tae-yong diplot untuk fokus menangani timnas U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 dimana Indonesia sebenarnya akan bertindak sebagai tuan rumah. Jadwal Piala Dunia U-20 tadinya tercatat bakal digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023. Sementara jadwal SEA Games digelar mulai 29 April 2023.

Hal tersebut membuat dua event akbar ini menjadi bentrok yang akhirnya membuat PSSI menunjuk Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas U-22, sementara Shin Tae-yong mengambil peran menukangi timnas U-20.

Namun, karena penyelenggaraan event Piala Dunia U-20 gagal karena serangkaian kontroversi, membuat keikutsertaan Timnas Indonesia U-20 juga batal.

Alasan timnas Sea Games dilatih Indra Sjafri bukan Shin Tae-yong Berbagai sumber

foto: Twitter/@pssi

Meski begitu, Shin Tae-yong tidak mengambil alih kepelatihan Timnas U-22 dari Indra Sjafri dan lebih memilih fokus pada Timnas senior untuk pertandingan resmi FIFA pada bulan Juni mendatang.

"Memang, karena sebelumnya persiapan SEA Games 2023 dan Piala Dunia U-20 2023 bentrok, jadi mau tidak mau tidak bisa memegang Timnas Indonesia U-22," ujar Shin Tae-yong dikutip brilio.net dari bola.com pada Rabu (17/5).

"Jadi akhirnya, sekarang coach Indra Sjafri yang pegang. Memang tidak ada jadwal apa-apa sampai 10 Juni 2023. Jadi mungkin harus dipikirkan untuk agenda selanjutnya," lanjut pelatih asal negeri ginseng tersebut.

Di FIFA Matchday terdekat, PSSI telah memastikan timnas senior akan beruji coba dengan Timnas Palestina pada 14 Juni 2023. Selain itu, latih tanding kontra Timnas Argentina juga tengah dijajaki dan masih ditunggu kepastiannya.

Alasan timnas Sea Games dilatih Indra Sjafri bukan Shin Tae-yong Berbagai sumber

foto: Twitter/@@nocontextfooty

Di sisi lain, pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri memanggil 36 pemain plus tujuh personel timnas U-20 untuk persiapan SEA Games 2023. Di perhelatan tersebut Indra Sjafri pun berhasil menjawab kepercayaan publik dengan mempersembahkan gelar juara.