Brilio.net - Bicara soal skor IQ yang tinggi, biasanya salah satu hal yang pertama kali terpikirkan di benak kita ialah ilmuwan atau akademisi. Ya, diakui atau tidak, profesi di bidang akademik ini memang identik dengan aspek kecerdasan.

Namun demikian, hal tersebut tak berarti bahwa kecerdasan tidak memiliki peranan yang penting di luar dunia akademis. Seperti halnya di dunia sepak bola. 

Pesepak bola yang punya skor IQ (Intelligence Quotient) tinggi tentu akan lebih mudah memahami taktik permainan maupun instruksi dari sang pelatih. Namun begitu, tak banyak pemain yang ternyata memiliki IQ berkategori super brilian (di atas 140).

Dikutip dari laman Liputan6, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang mana merupakan pemain dengen skill yang tak diragukan dan kerap menyabet gelar sebagai pemain terbaik dunia bahkan tak masuk dalam daftar delapan besar pesepak bola ber-IQ tertinggi.

Wah, lalu siapa saja ya bintang sepak bola yang memiliki IQ tertinggi ini? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut delapan di antaranya, Rabu (23/10).

Loading...

1. Gerard Pique.

IQ pesepak bola © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@3gerardpique

Bintang Barcelona ini memiliki IQ yang melampaui Albert Einstein. Jika Einstein memiliki skor IQ sebesar 160, Gerard memiliki IQ sebesar 170. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh sang ayah, Joan Pique, di majalah La Vanguardia.

2. Arsene Wenger.

IQ pesepak bola © 2019 brilio.net

foto: planetfootball.com

Mantan manajer Arsenal ini memiliki IQ sebesar 157. Berkat kecerdasannya itu ia pun pernah membawa The Gunners tak terkalahkan selama satu musim dan menjuarai Premier League 2003-2004.

3. Mario Balotelli.

IQ pesepak bola © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mb459

Pemain yang kerap dijuluki sebagai Super Mario ini memiliki skor IQ sebesar 157. Atas kecerdasannya, pesepak bola kelahiran 1990 ini pernah membawa Inter Milan juara Serie A.

4. Frank Lampard.

IQ pesepak bola © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@franklampard

Frank Lampard ternyata merupakan salah satu orang yang masuk kategori super brilian. Pasalnya, legenda The Blues ini memiliki IQ sebesar 150.

5. Romelu Lukaku.

IQ pesepak bola © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@romelulukaku

Nama Romelu Lukaku pasti tak asing lagi di telinga para pencinta sepak bola. Namun tahukah kamu? Rupanya bintang Inter Milan ini memiliki IQ sebesar 147, lho.

6. Juan Mata.

IQ pesepak bola © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@juanmatagarcia

Pemain asal Spanyol ini rupanya juga tak kalah cerdas. Mantan pemain Chelsea ini memiliki skor IQ yang cukup tinggi, yakni 142.

7. Andrey Arshavin.

IQ pesepak bola © 2019 brilio.net

foto: planetfootball.com

Mantan pemain sayap Arsenal ini memiliki kecerdasan dengan skor IQ sebesar 143.

8. Glen Johnson.

IQ pesepak bola © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@glenj8

Sarjana jurusan matematika ini memiliki skor IQ yang cukup tinggi lho. Mantan pemain Timnas Inggris ini rupanya ber-IQ 141.