Brilio.net - Manchester United (MU) telah mengumumkan mengenai pemecatan Jose Mourinho beberapa waktu lalu, tak butuh waktu lama untuk menemukan pelatih baru. The Red Devils menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih baru.

Nama Ole Gunnar Solskjaer memang beberapa kali dikaitkan dengan jabatan pelatih Man United. Rumor pertama muncul pada tahun 2014, ketika David Moyes dipecat. Namun saat itu Manchester United memilih Louis van Gaal sebagai pengganti. Mendengar keputusan tersebut Solskjaer pun memilih melatih Cardiff City, klub promosi Premier League. Namun dirinya tak bertahan lama.

Ole Gunnar Solskjaer terbilang cukup berprestasi, sebagai mantan pemain Manchester United, ia telah mencetak 91 gol di Premier League sepanjang tahun 1996-2007.

Loading...

Kini namanya kembali menjadi sorotan karena ditunjuk sebagai pengganti Jose Mourinho. Seperti apakah sosok Ole Gunnar Solskjaer hingga namanya kini kembali menjadi sorotan? Berikut fakta mengenai Ole Gunnar Solskjaer, yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (19/12).

1. Ole Gunnar Solskjaer lahir di Kristiansund, pada 26 Februari 1973. Ia merupakan mantan pemain sepak bola Norwegia. Sebagian besar kariernya di dunia sepak bola ada menjadi Molde, terutama sebagai striker, dan juga sebagai pemain sayap.

Ole Gunnar Solskjaer istimewa

foto: Instagram/@myolesolskjaer

2. Saat dirinya belum menjadi siapa-siapa, ia mengira bahwa dirinya hanyalah sebagai pemain cadangan. Namun siapa sangka, pada musim perdananya tersebut ia justru mencetak 18 dan menjadi pencetak gol terbanyak di klub.

Ole Gunnar Solskjaer istimewa

foto: Instagram/@myolesolskjaer

3. Ole Gunnar Solskjaer bergabung di Manchester United pada tahun 1996. Solskjaer bermain 366 kali untuk United dan mencetak 126 gol dan membawa kesuksesan bagi klub. Meski dirinya sebagai pemain cadangan, keberadaannya cukup dipertimbangkan.

Ole Gunnar Solskjaer istimewa

foto: Instagram/@_samuelharvey

4. Ole Gunnar Solskjaer mendapat julukan sebagai 'supersub' yang datang dari bangku cadangan untuk mencetak gol. Salah satu yang paling diingat ialah ketika ia bermain di Final Liga Champions UEFA 1999, di mana ia mencetak gol di menit terakhir melawan Bayern Muenchen.

Ole Gunnar Solskjaer istimewa

foto: Instagram/@myolesolskjaer

5. Pada tahun 2007, Solskjaer memutuskan untuk pensiun, usai mengalami cedera berkepanjangan. Kemudian Solskjaer melanjutkan kariernya sebagai pelatih di akademi Manchester United.

Ole Gunnar Solskjaer istimewa

foto: Instagram/@cinkovsky_news

6. Pada tahun 2010 Solskjaer diangkat sebagai pelatih klub Norwegia, Molde dan membawanya menjuarai Liga Norwegia untuk pertama kalinya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester United (@manchesterunited) on

7. Kini namanya kembali menjadi perbincangan usai dirinya dikabarkan sebagai sosok pengganti Jose Mourinho. Pelatih berusia 45 tahun ini dianggap cocok dengan filosofi permainan Manchester United.

Ole Gunnar Solskjaer istimewa

foto: Instagram/Foto jabs_enamblast

8. Bahkan kabarnya Solskjaer diharapkan sudah bisa memimpin tim saat Ashley Young dkk menghadapi Cardiff City dalam laga lanjutan Premier League pada 22 Desember mendatang.

Ole Gunnar Solskjaer istimewa

foto: Instagram/@thefancyfootball