Brilio.net - Sepak bola identik dengan olahraga kaum pria, keras dan penuh determinasi. Namun siapa sangka, di balik panasnya persaingan klub Liga Indonesia, terselip wanita tangguh yang hadir sebagai pembeda di dalamnya.

Peran wanita dalam sepak bola Indonesia tak bisa dianggap remeh, sebagian dari mereka menempati posisi strategis dalam sebuah klub. Sebut saja Ayu Sartika. Manajer dan asisten pelatih Delas Sidoarjo ini namanya sering disebut di kancah kompetisi papan atas Tanah Air.

Siapa saja wanita di balik persepakbolaan Tanah Air? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/12).

1. Annisa Zhafarina.

Wanita Sepakbola © 2017 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@annisazhafarina

Prestasi mentereng Madura United tak usah diragukan lagi. Klub dari Pulau Madura ini identik denga permainan ciamik dan kemenangan besar di kompetisi Liga Gojek Traveloka 2017. Nah siapa sangka, di kompetisi mendatang, jersey terbaru mereka dirancang oleh seorang wanita bernama Annisa Zhafarina yang juga merupakan anak dari Presiden Madura United, Achsanul Qosasi.

2. Ratu Tisha Destria.

Wanita Sepakbola © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@kodensa

Sekjen PSSI yang baru Ratu Tisha Destria, sudah tak asing. Wanita tangguh di tubuh PSSI ini kerap kali menduduki posisi penting. Salah satunya saat ia didapuk menjadi Direktur Bidang Kompetisi PT Gelora Trisula Semesta (GTS), yang tak lain adalah operator yang menyelenggarakan sejumlah turnamen sepakbola mulai dari ajang Indonesia Soccer Championship (ISC), Liga Nusantara, hingga Piala Soeratin U-17.

3. Papat Yunisal.

Wanita Sepakbola © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@pssi_fai

Bagaimana dengan tim sepak bola wanita? Papat Yunisal bisa menjadi sosok yang paling utama diperbincangkan. Dia secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Asosiasi Sepak Bola Wanita untuk periode 2017-2018 pada kongres Asosiasi Sepak bola Wanita yang berlangsung di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, Jumat (8/12).

4. Ria Handayani.

Wanita Sepakbola © 2017 brilio.net

foto: bolasaja.com

Klub Mitra Kukar menjadi salah satu tim yang paling diperhitungkan sejak awal naik ke kasta tertinggi kjompetisi Indonesia. Di balik kesuksesan Mitra Kukar, sosok Ria Handayani patut diperhitungkan sebagai tim bidang pemasaran klub. Selain itu, kepemimpinannya saat ini di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kutai Kartanegara (Kukar) tampak agresif.

5. Ayu Sartika Virianti.

Wanita Sepakbola © 2017 brilio.net

foto: Istimewa

Setiap kali mendengar nama klub Deltras Sidoarjo, Ayu Sartika kerap sekali menjadi sosok wanita tangguh di dalamnya. Istri dari Danilo Fernando ini diperhitungkan dalam manajemen klub, berikut kepemimpinannya. Setelah keluar dari Deltras, Ayu disinyalir masuk dalam manajemen Perseba Super Bangkalan pada 2013 silam. Kini, nama Ayu sudah mulai lama tak tersengar kembali.