Brilio.net - Meski berbeda, politik dan sepak bola merupakan dua dunia yang tak dapat dipisahkan. Pemain bisa terkena hujatan karena menyampaikan opini politik hingga supporter yang dihukum karena dukungannya pada isu politik.

Di Indonesia yang terbaru, Komdis PSSI beberapa waktu lalu menjatuhkan hukuman denda kepada Persib Bandung karena Bobotoh membuat koreo Save Rohingya.

Ketertarikan tiap individu terhadap politik sifatnya relatif, bisa jadi banyak pemain bola Tanah Air yang tertarik beralih dari atas lapangan meloncat ke panggung politik. Modal popularitas dan prestasi bisa jadi bahan pertimbangan.

Beberapa pesepak bola dunia telah lebih dulu tampil di panggung politik selepas pensiun. Lantas bagaimana dengan pemain Indonesia?

Berikut tujuh pesepak bola yang terjun ke dunia politik, dari Pele hingga Markus Horison dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/12).

Loading...

1. Markus Horison

Politik Bola © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@markoesharison81

Mantan suami Kiki Amalia ini memutuskan terjun ke panggung politik setelah kariernya malang melintang di berbagai klub Tanah Air hingga Timor Leste. Kiper andalan Timnas di Piala AFF 2010 ini tergabung sebagai kader dari Partai Perindo.

2. Pele

Politik Bola © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@pele

Legenda sepakbola dunia asal Brasil Pele yang berhasil mengantarkan negaranya meraih tiga gelar Piala Dunia pada tahun 1995 ditunjuk menjadi menteri olahraga Brasil.

3. George Weah

Politik Bola © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@george_weah_official

Karier politik bintang AC Milan yang meraih Ballon d'Or tahun 1995 tersebut terbilang jatuh bangun. Sempat gagal, Weah akhirnya berhasil melenggang setelah menang memperebutkan kursi senat dari Partai Demokrat.

4. Lilian Thuram

Politik Bola © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@l_oeil_public

Benteng pertahanan Juventus dan Prancis ini dikenal memiliki visi besar dalam dunia politik Perancis. Ia juga dikabarkan menolak tawaran Menteri Olahraga dari Presiden sebelumnya Nicolas Sarkozy.

5. Andriy Shevchenko

Politik Bola © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@shevchenko_07

Sheva terjun di panggung politik sudah lama, bahkan sebelum hijrah ke AC Milan. Pada tahun 90-an, ia telah menjadi anggota Partai Sosial Demokrat Ukraina.

6. Sol Campbell

Politik Bola © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@danshope.co.uk

Campbell pada 2015 silam mantan pemain Arsenal ini mengikuti persaingan bursa wali kota London dari partai Konservatif.

7. Roman Pavlyuchenko

Politik Bola © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@gorodtelegraf

Pesepak bola yang kariernya moncer bersama Tottenham Hotspur di tahun 2010-an itu kini merupakan anggota Partai United Rusia. Pimpinan partai tersebut merupakan sosok berpengaruh kuat di sana yaitu Vladimir Putin.