Brilio.net - Banyak kisah sukses pesepakbola yang dulunya memilih untuk mengesampingkan pendidikan ketimbang bermain bola di lapangan. Cristiano Ronaldo contohnya. Cristiano kecil yang keranjingan main sepak bola, pernah melempar gurunya dengan kursi karena sang guru mengatakan dirinya tak bisa hidup jika mengandalkan sepak bola.

Jika ia menuruti apa kata gurunya dulu, mungkin sekarang kita tak akan melihat seorang pebola dengan skill terlengkap di bumi dan bergelimang harta pun prestasi, yang berjuluk CR7.

Namun sejatinya, sepak bola dan pendidikan bisa seiring sejalan. 5 pesepakbola ini membuktikannya. Meski sibuk berlatih dan bertanding di lapangan hijau, mereka sukses meraih gelar nggak cuma sarjana namun hingga master alias menyelesaikan kuliah S2. Siapa saja mereka?

 

1. Giorgio Chiellini.

Pesepakbola S2 © 2017 Istimewa
foto: Juventus


Bek andalan Juventus dan Tim Nasional (Timnas) Italia ini tak hanya piawai di lapangan hijau. Ia juga cerdas di bidang akademik. Ia memiliki gelar Master Administrasi Bisnis dari University of Turin, Italia.

 

2. Juan Mata.

Pesepakbola S2 © 2017 Istimewa
foto: Daily Mail


Playmaker Manchester United asal Spanyol adalah seorang Sarjana Jurnalistik yang rajin menulis di blog pribadinya. Ia melanjutkan kuliah S2 dan lulus dengan gelar Master Ilmu Keolahragaan.

 

3. Vincent Kompany.

Pesepakbola S2 © 2017 Istimewa
foto: The Independent


Kapten dari klub Manchester City yang berasal dari Belgia ini punya gelar Master Administrasi Bisnis dari Manchester School of Business. Ia lulus pada tahun 2012 lalu.

 

4. Seyi Olofinjana.

Pesepakbola S2 © 2017 Istimewa
foto: thesportster.com


Pemain timnas Nigeria yang kini bermain di Norwegia ini adalah mantan pemain klub Liga Premier Inggris, Stoke City dan Hull City. Tak disangka ia adalah pemegang gelar Master Teknik Kimia.

 

5. Edwin Van Der Sar.

Pesepakbola S2 © 2017 Istimewa
foto: Squawka


Mantan penjaga gawang Manchester United dan Ajax Amsterdam yang kini jadi direktur di Ajax Amsterdam tersebut adalah pemegang gelar Master Manajemen Olah Raga Internasional.