Brilio.net - Sepak bola merupakan olahraga yang mengandalkan kekompakan tim. Adapun yang dimaksud dengan tim itu sendiri tak terbatas pada para pemainnya saja. Pasalnya, disadari atau tidak, pelatih juga memiliki andil yang besar dalam kesuksesan sebuah tim sepak bola.

Lalu, apa saja sih tugas seorang pelatih sepak bola ini? Secara garis besar, mereka akan mengatur tim agar solid. Nggak hanya itu, manajer sepak bola juga melakukan rekrutmen pemain baru, memahami karakteristik pemain, serta melatih para pemain itu sendiri.

Melihat sejumlah jobdesk tersebut, karenanya tak heran jika bayaran yang diberikan kepada para pelatih sepak bola itu pun tak kecil. Sebagai bayangan, dalam setahun rata-rata mereka memperoleh gaji miliaran.

Nah, lalu siapa saja ya kira-kira pelatih sepak bola yang memiliki gaji berjumlah fantastis? Dilansir brilio.net dari sejumlah sumber, berikut lima di antaranya, Kamis (21/11).

1. Diego Simeone.

Loading...

gaji pelatih bola © 2019 brilio.net

foto: skysports.com

Terhitung sejak tahun 2006, mantan kapten Timnas Argentina ini telah melatih lima klub sepak bola besar. Rekam jejaknya sebagai pelatih tak perlu diragukan lagi. Karenanya, tak heran jika Atletico Madrid pun memperpanjang kontraknya hingga tahun 2022. Oleh klub yang bermarkas di Madrid itu, Diego mendapatkan 35,9 juta pounds per tahun atau setara dengan Rp 472 miliar.

2. Ernesto Valverde.

gaji pelatih bola © 2019 brilio.net

foto: marca.com

Peringkat kedua ditempati oleh Ernesto Valverde. Mantan pemain Timnas Spanyol yang kini melatih Barcelona ini mendapatkan 24 juta euro atau setara sekitar Rp 368 miliar dalam setahun.

3. Pep Guardiola.

gaji pelatih bola © 2019 brilio.net

foto: independent.ie

Eks pemain Barcelona ini pernah melatih sejumlah klub ternama seperti, Bayern Munchen. Sementara itu, untuk saat ini sendiri ia tengah menjadi manager Manchester City. Di klub tersebut, Guardiola mendapatkan sekitar 15,2 juta pounds dalam setahun. Nilai tersebut setara dengan Rp 276 miliar.

4. Zinedine Zidane.

gaji pelatih bola © 2019 brilio.net

foto: bleacherreport.net

Pria kelahitan Prancis tahun 1972 ini merupakan pelatih keempat dengan bayaran terbesar. Dikutip dari Sportskeeda, Zidane mendapat penghasilan 12 juta euro atau sekitar Rp 187 miliar pounds per tahun saat ini.

5. Mauricio Pochettino.

gaji pelatih bola © 2019 brilio.net

foto: 90min.com

Peringkat kelima pelatih termahal di dunia sekaligus manajer dengan bayaran tertinggi kedua di Premier League ditempati Mauricio Pochettino. Mantan pemain Timnas Argentina ini diketahui mendapat gaji 8,5 juta pounds setahun atau Rp 155 M.