×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Fakta menarik di balik Qatar menjuarai Piala Asia 2019

View Image

0

BRILIO » Olahraga

5 Fakta menarik di balik Qatar menjuarai Piala Asia 2019

Akhirnya Qatar meraih gelar juara pertama sejak 1980.

02 / 02 / 2019 10:31

Brilio.net - Pencapaian luar biasa diraih oleh Timnas Qatar. Mereka berhasil menjuarai Piala Asia 2019 usai mengalahkan Jepang di babak final dengan skor 3-1, Jumat (1/2). Pada pertandingan yang digelar di Stadion Zayed Sports City, Uni Emirate Arab itu tiga gol milik Qatar dicetak oleh Almoez Ali, Abdulaziz Hatem dan Akram Hassan Afif. Sementara gawang mereka hanya dibobol satu kali oleh gol dari Takumi Minamino.

Qatar jelas bukan tim yang diunggulkan pada babak final tersebut. Oleh sebab itu, munculnya mereka sebagai juara mendapat banyak sorotan. Perlu kamu ketahui, ini adalah gelar pertama Qatar di kancah Piala Asia. Sejak ikut serta pada tahun 1980, raihan terbaiknya hanya sampai babak perempat final saja.

Selain berhak membawa pulang piala, Timnas Qatar juga mencetak beberapa rekor. Selain itu, para pemainnya juga memborong beberapa gelar individu. Tentunya menjadi prestasi sempurna bagi timnas dan juga pemain.

Berikut ini fakta-fakta menarik di balik Qatar juara Piala Asia 2019, seperti brilio.net lansir dari berbagai sumber pada Sabtu (2/2).

1. Gelar juara pertama sejak 1980.

Loading...

fakta qatar juara piala asia © Instagram/@qfa

Sejatinya Qatar telah mengikuti Piala Asia sejak tahun 1976. Namun mereka baru pertama kali berhasil lolos ke babak fase grup pada tahun 1980. Sejak saat itu, raihan terbaik Qatar hanya sampai babak perempat final saja. Pada tahun 2019 ini, Qatar berhasil merengkuh gelar perdananya.

2. Menjadi negara kesembilan yang juarai Piala Asia.

Keberhasilan tim yang dinahkodai oleh Felix Sanchez Bas ini mengikuti jejak kesuksesan delapan negara yang lebih dulu pernah menjuarai Piala Asia. Di antaranya ada Jepang dengan empat gelar, Iran dengan tiga gelar, Arab Saudi juga tiga gelar, mengikuti Korea Selatan dengan dua gelar, serta Israel, Kuwait, Australia dan Iraq yang masing-masing meraih satu gelar.

fakta qatar juara piala asia © Instagram/@qfa

3. Rekor tak terkalahkan sejak babak grup.

Selain memecahkan telur dalam raihan gelar, Almoez Ali dan kawan-kawan juga memecahkan rekor dengan status juara tanpa meraih kekalahan sejak babak grup. Qatar yang tergabung di Grup E dengan meyakinkan mengalahkan Lebanon, Korea Utara dan Arab Saudi. Total gol yang mereka cetak pada babak grup itu adalah 10.

fakta qatar juara piala asia © Instagram/@qfa

Sementara pada babak 16 besar hingga final, Qatar menundukkan Iraq, Korea Selatan, Uni Emirate Arab dan Jepang. Gol yang berhasil mereka cetak sebanyak sembilan gol. Total gol yang mereka berhasil ciptakan dari babak grup hingga final adalah 19.

4. Hanya kebobolan satu kali sepanjang Piala Asia 2019.

fakta qatar juara piala asia © Instagram/@qfa

Rekor mengejutkan lainnya adalah ketika keperawanan gawang Qatar dijaga dengan baik oleh kiper mereka, Saad Al Sheeb. Sepanjang turnamen, Saad Al Sheeb yang dibantu dengan empat barisan belakang hanya kebobolan satu kali saja. Itupun terjadi saat laga final melawan Jepang.

5. Pemainnya borong gelar individu.

Keberhasilan Qatar menjuarai turnamen empat tahunan ini dibarengi juga dengan kesuksesan para pemainnya. Bomber andalan mereka, Almoez Ali berhasil meraih predikat top skorer dan pemain terbaik Piala Asia 2019. Pemain berdarah Sudan itu mencetak sembilan gol sekaligus mencatatkan rekor baru sebagai pemain paling banyak mencetak gol sepanjang turnamen.

fakta qatar juara piala asia © Instagram/@qfa

Kiper terbaik jatuh kepada Saad Al Sheeb yang hanya kebobolan satu gol sepanjang Piala Asia 2019. Selain urusan cetak gol, Qatar juga menyumbang pemain dalam menyumbang assist. Akram Afif menjadi pemain paling banyak yang mengirim umpan berujung gol yaitu lima kali.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more