×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Museum pesepak bola top dunia, terbaru milik Mohamed Salah

View Image

0

BRILIO » Olahraga

6 Museum pesepak bola top dunia, terbaru milik Mohamed Salah

Mereka ini tentu saja pemain bola yang kaya prestasi.

17 / 01 / 2019 16:32

Brilio.net - Sebagai bintang di dunia sepak bola, wajar bila seorang pemain merekam semua memori, kenangan serta prestasinya dalam satu tempat yang diberi nama museum. Mulai dari ia belajar mengasah si kulit bundar, sampai berprestasi di klub besar diabadikan dalam berbagai bentuk.

Memori berupa jersey dari klub-klub yang pernah dibela, foto-foto kenangan dan berbagai trofi yang pernah didapat sudah wajib dipajang. Sebab tak hanya lewat klub saja seorang pemain berpeluang mendapat trofi. Raihan individu seperti gelar top skorer, pemain terbaik dan lain-lain juga merupakan penghargaan yang layak dipamerkan.

Dua nama besar seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi punya museumnya masing-masing. Bedanya jika museum Messi ini dibangun oleh pihak ketiga, tapi museum Ronaldo sengaja oleh dirinya sendiri untuk merawat kenangan karier sepakbolanya.

Terbaru kabarnya Mesir akan membangun museum untuk Mohamed Salah. Bukan tanpa alasan, Salah berpeluang menjadi pemain Mesir paling sukses di sepak bola. Selain menjadi pemain kunci Liverpool, pria berambut keriting ini juga ikut membantu Mesir lolos ke Piala Dunia 2018 lalu. Tentunya masih banyak prestasi yang bakal Salah torehkan baik di klub maupun tim nasional.

Lalu siapa saja pesepak bola top dunia yang punya museum yang isinya beragam milestone atupun jersey dan sepatunya? Berikut ini deretannya seperti brilio.net lansir dari berbagai sumber, Kamis (17/1).

Loading...

1. Johan Cruyff.

museum pesepak bola top © berbagai sumber

foto: sokkaa.com

Sebelum ada Lionel Messi, fans Barcelona pasti mengenal Johan Cruyff. Pemain asal Belanda ini berjasa atas gelar Liga Spanyol pertama yang diraih Barcelona pada tahun 1974. Tak hanya dikenang sebagai pemain, Cruyff juga punya prestasi bagus saat jadi pelatih. Ketika menahkodai Barcelona, Cruyff membantu tim raksasa Spanyol tersebut merebut trofi pertama Liga Champion pada tahun 1992.

Tak cuma trofi yang dipersembahkan, legenda Belanda ini juga ikut melatih dan melahirkan pemain-pemain top dan legendaris. Sebut saja Ronald Koeman, Pep Guardiola dan Luis Enrique. Cruyff juga mengenalkan sepak bola tiki taka yang sampai saat ini menjadi ciri khas Barcelona.

Atas jasanya tersebut, Cruyff kemudian dibuatkan museum yang terletak di distrik El Born, Barcelona. Museum ini berisikan jersey, trofi, sepatu, kontrak bahkan sampai pakaian sehari-hari milik Johan Cruyff.

2. Pele.

museum pesepak bola top © berbagai sumber

foto: nos.nl

Legenda lain yang juga memiliki museum adalah Pele. Bertepatan dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014, pemerintah Brasil kemudian memberikan museum kepada Pele. Museum ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas jasa Pele mengangkat prestasi sepak bola tim Samba ini.

Museum Pele didirikan di kota pelabuhan Santos. Isi museum ini terdiri dari trofi, kaus, sepatu dan foto-foto masa kejayaan Pele saat masih menjadi pemain. Terpajang juga foto Pele saat bersanding dengan pemimpin dunia dan selebritis.

3. Diego Maradona.

museum pesepak bola top © berbagai sumber

foto: motherswaxmuseum.in

Bekas rumah Diego Maradona yang terletak di Buenos Aires, Argentina diubah menjadi museum oleh Kepala Komite Sejarah La Paternal, Alberto Perez. Rumah tersebut pernah ditinggali legenda Argentina ini antara tahun 1970 dan 1980.

Lebih dari 2.000 barang pribadi milik pemain yang terkenal dengan gol tangan Tuhannya ini dipamerkan. Mulai dari sepatu bola tuanya hingga beberapa foto lawas. Salah satu koleksi yang mencuri perhatian adalah patung lilin yang dibuat sangat mirip dengan Maradona.

4. Lionel Messi.

museum pesepak bola top © berbagai sumber

foto: pics4world.com

Museum Lionel Messi ini dibuat oleh produsen sepatu terkemuka asal Jerman, Adidas. Museum mini yang dibuat di Barcelona ini berisikan semua barang yang berkaitan dengan Messi mulai dari jersey hingga sepatu. Selain itu lima trofi Ballon d'Or dan dua sepatu emas yang dimenangkan pemain Argentina ini juga turut dipajang.

Setidaknya ada enam etalase khusus untuk memajang raihan penghargaan-penghargaan yang sudah diraih pemain berjuluk La Pulga ini. Selain trofi, museum ini juga menampilkan setiap gol yang pernah dicetak Messi lewat layar televisi.

5. Cristiano Ronaldo.

museum pesepak bola top © berbagai sumber

foto: liputan6.com

Rival abadi Messi di La Liga, Cristiano Ronaldo juga punya museum sendiri. Museum yang didirikan pada tahun 2013 ini terletak di Madeira, Portugal. Madeira merupakan tempat spesial untuk pemain yang kini berseragam Juventus ini. Sebab di kota ini ia mulai belajar mengolah si kulit bundar.

Museum ini menghadirkan sejarah Ronaldo sebagai pesepak bola profesional. Trofi yang dipajang di antaranya ada empat bola emas yang dimenangkan Ronaldo di ajang Ballon d'Or. Museum Ronaldo juga memajang 160 penghargaan individu yang pernah pemain Portugal ini raih. Tak ketinggalan patung lilin yang dibuat mirip sosoknya saat pakai jersey Timnas Portugal juga ditampilkan.

6. Mohamed Salah.

museum pesepak bola top © berbagai sumber

foto: Instagram/@mosalah

Sebagai calon pemain bintang yang namanya sedang melambung, Mohamed Salah ternyata juga akan segera punya museum. Pemerintah Mesir rencananya akan membangun museum tersebut sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan untuk pemain Liverpool tersebut.

Tak berlebihan jika Salah mendapatkan penghargaan tersebut. Sebab, pemain berambut keriting ini berjasa besar saat meloloskan Mesir ke Piala Dunia 2018 untuk pertama kali sejak tahun 1990. Rencananya museum tersebut akan diberi nama Mohamed Salah dan akan didirikan di Gezira Youth Centre, Kairo.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    67%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more