Brilio.net - Skandal seks telah mengguncang dunia olahraga Jepang. Empat pemain basketnya di Asian Games 2018 telah dipulangkan ke negara asalnya akibat kejadian itu. Seperti yang sudah diberitakan, Takuya Hashimoto, Keita Imamura, Takuma Sato dan Yuya Nagayoshi, atlet basket perwakilan Jepang ini kepergok menggunakan jasa PSK di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Kejadian itu menjadi pukulan bagi tim basket Jepang. Pelatih basket Jepang, Herman Julian Mandole menceritakan, timnya tengah dirundung masa sulit. Tidak saja jumlah pemainnya berkurang menjadi delapan orang saja, tapi juga sisi psikologis. "Masalahnya bukan delapan pemain atau 12 pemain. Kami akan tetap berjuang keras dengan berapapun jumlah kami," kata Mandole dikutip antaranews, Kamis (23/8).

basket jepang kyodonews

Aksi salah satu anggota tim saat melakukan jump shoot/foto: english.kyodonews.net

Beban tersebut lebih berat ketika berada di luar lapangan ketimbang di dalam lapangan. Sejak kejadian tak memalukan itu, setiap sesi latihan selalu dikerubuti wartawan.

Loading...

Tak sampai di situ, tim basket putra Jepang menjadi pusat perhatian di Kampung Atlet Kemayoran. Setiap mereka berjalan di kampung atlet menjadi sorotan banyak orang. "Begini masalahnya, Anda berjalan di kampung atlet dan orang-orang mengamati Anda. Kami tidak melakukan apa-apa. Saya selalu berada di kampung atlet, sepanjang malam," ujarnya.

basket jepang kyodonews

Pemain tim basket putra Jepang beraksi/foto: english.kyodonews.net

Di tengah kondisi sulit yang dialami mereka, ternyata tak menyurutkan mentalnya dalam berjuang untuk mengharumkan nama Jepang. Pada hari Rabu (23/8), tim putra basket Jepang ini berhasil mengalahkan Hongkong. Mereka unggul 88-82 dalam laga penyisihan Grup C Asian Games 2018.

Naoto Tsuji pencetak 8 poin dalam kemenangan ini mengatakan bahwa ingin menyampaikan ucapan penghargaan karena panitia telah memberikan kesempatan bagi timnya untuk meneruskan permainan meskipun beberapa rekannya telah melakukan indisipliner.

Pencetak 17 poin tim basket putra Jepang, Tenketsu Harimoto juga memberikan pernyataan bahwa dirinya ingin melakukan yang terbaik untuk mengisi kekosongan pemain yang telah dipulangkan.

Tak hanya itu, berkat kemenangannya melawan Hongkong, Herman terlihat tak mampu membendung isakan air mata di hadapan media.

(mgg/martina)