Brilio.net - Menjadi seorang atlet ternama tidak lagi sekadar menjadi olahragawan, tapi juga berkesempatan menjadi bintang iklan, seleb, bahkan ikon mode. Sejumlah atlet dunia membuktikan mampu untuk menekuni bisnis fashion, di luar aktivitasnya sebagai atlet. Bahkan, mereka tidak saja membuka toko, melainkan juga mendesain dan memproduksi sendiri alias membuka clothing line.

Sebagian atlet tersebut menjalin kerja sama dengan pihak lagi untuk melancarkan roda bisnisnya. Tapi, entah dirintis sendiri ataupun bersama partner bisnis, para atlet itu pun banyak yang mendulang sukses dari bisnis clothing line yang dikembangkannya. Berikut ini 10 contoh atlet dunia yang punya bisnis fashion dikutip brilio.net dari Foxsports dan Yardbarker, Kamis (20/7).

1. Serena Williams.

atlet bisnis Istimewa

foto: foxsports

Petenis kelas dunia asal AS ini memiliki clothing line untuk HSN (Home Shopping Network). Rancangannya pernah diperagakan di New York Fashion Week.

2. David Beckham.

atlet bisnis Istimewa

foto: foxsports

Mantan kapten timnas Inggris ini sudah sejak lama tampil modis. Kini, Beck mengembangkan bisnis fashionnya DB Bodywear dengan menggandeng H&M.

3. Cristiano Ronaldo.

atlet bisnis Istimewa

foto: foxsports

Bintang Real Madrid ini nggak cuma jago di lapangan hijau, tapi juga punya naluri bisnis tajam. CR7 meluncurkan label CR7 untuk produk clothing line yang dikembangkannya.

4. Tony Hawk.

atlet bisnis Istimewa

foto: David Wolff-Patrick melalui yardbarker

Hawk yang dikenal sebagai atlet skateboard ini menggandeng Birdhouse pada tahun 1992 saat memulai bisnis fashion untuk Kohl's dan Target.

5. Maria Sharapova.

atlet bisnis Istimewa

foto: Clive Brunskill melalui yardbarker

Petensi cantik ini juga punya naluri bisnis yang tajam. Tidak saja berbisnis makanan, Sharapova juga punya bisnis fashion dengan Cole Haan. Sharapova juga bekerja sama dengan Nike untuk produk fashion yang dikembangkan apparel ternama itu.

6. Dwyane Wade.

atlet bisnis Istimewa

foto: foxsports

Pebasket AS ini mengembangkan bisnis kaus kaki di Stance.

7. Steve Nash.

atlet bisnis Istimewa

foto: Jeffrey Mayer melalui yardbarker

Pebasket ini pada 2011 meluncurkan bisnis fashion, Indochino.

8. Russell Westbrook.

atlet bisnis Istimewa

foto: J Carter Rinaldi melalui yardbarker

Pebasket NBA ini bekerja sama dengan Barney's untuk membuat Westbrook XO, clothing line yang fokus pada olahraga atletik.

9. Venus Williams.

atlet bisnis Istimewa

foto: anders ruff

Kakak kandung Serena Williams ini juga meluncurkan brand untuk bisnis fashion-nya, EleVen, yang memproduksi pakaian kelas premium untuk fitnes dan tenis.

10. Stephen Curry.

atlet bisnis Istimewa

foto: gq

Point guard Golden State Warriors ini berbisnis fashion di Express.