Brilio.net - Menimbang berat badan bayi menjadi salah satu cara untuk memantau pertumbuhan dan kesehatan bayi. Berat badan bayi dapat menunjukkan apakah bayi mendapatkan asupan gizi yang cukup, apakah bayi mengalami gangguan pencernaan, atau apakah bayi memiliki masalah kesehatan lainnya.

Beberapa sumber menyebutkan, bayi yang baru lahir biasanya kehilangan berat badan dalam beberapa hari pertama, tetapi kemudian akan normal kembali. Pada enam bulan pertama, bayi cenderung bertambah 141,748 hingga 198,447 gram per minggu. Saat mencapai usia satu tahun, berat badan bayi harus tiga kali lipat dari berat lahirnya.

Ada beberapa cara untuk menimbang berat badan bayi. Menggunakan timbangan bayi di rumah. Jenis timbangan bayi merupakan alat yang dirancang khusus untuk mengukur berat badan bayi dengan akurat. Timbangan bayi harus memiliki baki atau lekukan yang aman untuk meletakkan bayi, dan tidak memiliki bagian yang tajam atau kasar. Timbangan bayi harus dapat menunjukkan selisih berat sekecil 10 gram. Kamu bisa membeli timbangan bayi di toko-toko khusus, bahkan banyak dijual secara online.

Cara orang tua timbang berat bayi © TikTok

Cara orang tua timbang berat bayi
pexels.com

Kemudian kamu juga bisa menimbang berat badan bayi di tempat praktik dokter. Ini adalah cara yang paling akurat dan terpercaya untuk mengetahui berat badan bayi. Dokter akan menggunakan timbangan bayi yang terkalibrasi dengan baik, dan juga akan memeriksa kondisi kesehatan bayi secara keseluruhan. Kamu juga akan mendapatkan saran tentang pola makan dan imunisasi bayi. Dianjurkan bagi kamu yang memiliki bayi, untuk membawanya ke dokter setiap bulan pada tahun pertama, dan setiap tiga bulan pada tahun kedua.

Berbicara soal timbangan bayi, belakangan ada sebuah video yang cukup unik dan mengundang tawa. Lewat unggahan akun TikTok @babyjoyvern, dilansir brilio.net pada Jumat (1/12) seorang ibu punya cara sendiri untuk menimbang buah hatinya. Lantaran tidak punya timbangan bayi khusus, dia pun mengakalinya dengan menggunakan timbangan duduk jarum manual. Biasanya, timbangan ini kerap dijumpai di toko sembako.