Memang, setelah  difermentasi, tempe bakal merekat akibat adanya mikroba yang umumnya terdiri dari jamur rhizopus. Jamur tersebut nantinya akan tumbuh di permukaan kedelai dan membuat lapisan yang disebut miselium. Miselium itulah yang menempel pada biji-biji kedelai dan menyatukannya.

Cewek capek potong tempe © TikTok

Cewek capek potong tempe
TikTok/@utamilusi_

Selama jamur tersebut masih ada dan hidup, dia bakal membentuk miselium dan merekatkan tempe kembali, meskipun sudah dipotong-potong. Namun, proses tumbuhnya jamur dan miselium itu bisa dihambat jika tempe didinginkan di kulkas.

Jadi, kalau kamu sudah menyiapkan tempe untuk digoreng nanti, mending ditaruh di kulkas. Sehingga nggak kerepotan seperti yang dialami pengunggah. Jika kamu mengalami kejadian seperti yang diperlihatkan di video, kamu tetap bisa mengolahnya, namun sedikit repot karena harus memisahkan tempe yang rekat tadi.

Cewek capek potong tempe © TikTok

Cewek capek potong tempe
TikTok/@utamilusi_

Alhasil, video tersebut viral di TikTok. Hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton 14 juta kali, disukai 742,3 ribu kali, dan dikomentari 13,3 ribu kali.

"saran aja kalo motong tempe usahain lngsng di goreng jgn di biarin nanti kyk kembali jdi tempe lagi," komentar akun @cindyhnf.

"Aku pernah kek gini langsung tak buang sekarang baru sadar kek gitu kan belum busuk," tulis akun @rismaanastasia4.

"itumah jamur Rhizopus masih bisa untuk di makan santay aja. emng ada di semua tempe. pelajaran sma itu biasanya," ujar akun @stonelandzz.

@utamilusi_ jdi ceritanya tdi pagi tu suami beli tempe trs sengaja langsung di potongin untuk masak sore nanti, niat nya si di potongin pagi biar sore masak nya ga kelamaan, eh pas sore nya mau masak liat tempe nya dah begini #lusiutami #fyp #lucu #memestiktok original sound  - rannunn