Brilio.net - Orang Indonesia memang selalu punya ide kreatif dalam menciptakan humor. Dua hal yang sebenarnya tidak ada kaitannya satu sama lain, bisa menjadi masuk akal alias cocok. Bahkan ada komunitas yang membahas masalah kecocokan ini dan menyebutnya masuk dalam ranah ilmu cocok alias cocoklogi.

Kisah asal usul nama negara Norwegia itu mungkin bisa menjadi contohnya. Seorang netizen mengklaim bahwa negara Norwegia ditemukan oleh Orang Jawa yang berasal dari Solo.

Asal usul Norwegia © 2016 brilio.net / 1cak.com

"Nenek moyang orang Jawa adalah orang-orang yang pernah menjelajahi seluruh belahan dunia termasuk Eropa," kisah @gildaschocs yang dikutip brilio.net dari 1cak, Senin (3/10).

Menurut dia, Norwegia adalah salah satu negara Eropa yang didirikan oleh orang Jawa yang bernama Nur Wagiyo sekitar tahun 575 M. "Untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa beliau, negara tersebut diberi nama Norwegia," imbuhnya.

Loading...

Ibu kota Norwegia pun sengaja diberi nama Oslo agar mirip dengan kota kelahiran Nur Wagiyo, yaitu Solo. "Sampai sekarang patung Nur Wagiyo masih berdiri kokoh di pusat kota Oslo," pungkasnya.

Membaca status kocak dan ngawur tersebut, netizen pun dibuat tertawa dan geleng-geleng kepala. "Sebagai org Indonesia.. Saya benar2 bangga. #respect," sindir Maulid Diwi.

Namun ada juga menyebut guyonan di atas hanyalah asal mengait-ngaitkan saja. "Cocoklogi selalu benar," komentar NiChase.

Beginilah kira-kira reaksi netizen membaca kisah asal-usul negara Norwegia tersebut:

Asal usul Norwegia © 2016 brilio.net / 1cak.com