Brilio.net - Semua universitas di dunia pasti punya lambang yang menjadi identitas resmi yang memiliki arti mendalam. Beberapa waktu lalu, sebuah akun di Facebook bernama Muh Hidayat Sikumbang mengunggah makna lambang UNS (Universitas Sebelas Maret Surakarta) di grup Cocoklogi Science.

Cocoklogi UNS © 2016 brilio.net

foto: facebook/Muh Hidayat Sikumbang

"Jelas bukan merupakan kebetulan belaka. UNS dulunya didirikan oleh Ultraman, karena itulah kontur tanahnya berbukit-bukit sebab merupakan kuburan dari monster-monster raksasa. UNS sejatinya merupakan singkatan dari Ultraman Ning Solo," bunyi caption gambar tersebut dikutip brilio.net, Sabtu (16/10).

Meski tak serius, banyak komentar netizen yang mengganggap gambar tersebut lucu. Tak bisa dipungkiri, ide cocok logi soal UNS dan Ultraman ini benar-benar kreatif dan kocak.

Loading...

Cocoklogi UNS © 2016 brilio.net

foto: uns.ac.id

Perlu kamu ketahui, seperti yang dilansir brilio.net dari website resmi UNS, uns.ac.id, lambang atau logo UNS sejak dari dulu hampir tidak ada perubahan yang cukup signifikan. Karakter utama lambang yang berbentuk bunga yang di dalamnya terdapat tulisan berbunyi 'mangesti luhur ambangun nagara' seolah tidak lekang oleh waktu, meski perkembangan tren desain telah mengalami banyak kemajuan. Nah, makna dari lambang UNS sebenarnya adalah sebagai berikut:

1. Bentuk bunga dengan 4 daun bunga sebagai visualisasi bangsa, yang berarti pendidikan putra-putri bangsa yang kelak akan mengharumkan nama bangsa & negara,

2. Tiga daun bunga; atas, samping kanan & samping kiri merupakan pengejawantahan tri dharma perguruan tinggi,

3. Satu daun bunga dibawah terdiri atas 5 satuan melambangkan sila-sila Pancasila,

4. Garis pembentuk 4 daun bunga dibuat secara berantai sedemikian rupa menggambarkan kesatuan civitas akademika UNS.

5. Bentuk kepala putik bunga digambarkan sebagai Wiku yang berasal dari bahasa Pali , yang kurang lebih bermakna orang yang berilmu.

6. Wiku dengan nyala api di pusat wajahnya melambangkan pancaran pikiran yang penuh kebijaksanaan, kearifan dan keluhuran budi serta sinar keabadian ilmu pengetahuan.

7. Rangkaian kata yang melingkar merupakan candra sengkala yang masing-masing mengandung makna masing-masing.

8. Kesatuan hal-hal tersebut berada di dalam lingkaran yang bertuliskan Universitas Sebelas Maret dan singkatan UNS. Warna biru langit melambangkan ikrar kesetiaan dan kebaktian kepada Negara, Bangsa dan Ilmu Pengetahuan.