Brilio.net - Hari Minggu (4/8) kemarin adalah hari yang buruk bagi warga Jabodetabek dan sekitarnya. Sebab sejak jam 12 siang listrik di daerah tersebut mati total alias blackout. Bahkan, listrik tak kunjung hidup hingga malam hari. Hal ini membuat berbagai aktivitas masyarakat menjadi terganggu.

Seperti misalnya banyak orang yang tidak bisa berbelanja. Sebab, kebanyakan tempat perbelanjaan mengandalkan alat kasir elektronik. Selain itu, banyak curhatan orang-orang yang mengaku tidak bisa mengambil uang di ATM. Listrik yang padam hingga malam hari juga membuat banyak orang kebingungan karena tidak bisa menyetrika seragam yang bakal dipakai keesokan harinya.

Namun, seorang ibu punya cara unik dan ampuh mengakali setrika listrik yang nggak bisa dipakai saat listrik padam. Emak-emak ini menggunakan alat sederhana untuk menyetrika seragam anaknya. Hanya bermodalkan panci dan api dari lilin, seragam bisa mulus bak digosok pakai setrika listrik.

Dalam video yang diunggah akun Twitter @lajibolalaaa, terlihat seorang ibu yang sedang menghadapi seragam yang masih kusut. Di dekatnya ada dua buah lilin penerangan. Sementara itu, ibu ini memegang panci yang sesekali ia gosokkan di seragam yang kusut tersebut.

Usut punya usut, cara ibu itu menyetrika pakai cara manual ini unik juga. Jadi, ia memanaskan bagian dalam panci dengan menggunakan api dari lilin. Sekiranya 'bokong' panci sudah panas, emak-emak ini langsung menggosokkannya ke baju. Cara itu ia ulangi terus menerus sampai akhirnya baju mulus seperti layaknya digosok pakai setrika listrik.

Loading...

Cara unik ibu tersebut menjadi sorotan warganet. Usai diunggah akun @lajibolalaaa pada hari Minggu kemarin, video tersebut telah ditonton sebayak 500 ribu kali. Sementara itu cuitannya telah di-retweet sebanyak 22 ribu kali. Banyak warganet yang salut dan memuji akal-akalan ibu ini untuk menyetrika seragam anaknya.

"ni kalo ma gw pesti bilang 'makanya nyetrika tu dari siang.ngapain aja seharian ?'," ungkap akun @potaatosgen.

"Pasti sambil cerita, 'dulu mama pas nyetrika make setrika yang make areng, kak, jadi kita bakar areng dulu'," kata akun @_linelien_.

"Kalo emak gw tetep makee setrikaan,tapii di panasinn sama kompor gass," tulis akun @Mvjoorr.