Brilio.net - Selalu saja ada lelucon yang beredar di media sosial, baik Facebook maupun Twitter. Ini karena sisi humor yang dimiliki warganet tidak pernah habis. Dari humor yang sifatnya satire hingga humor-humor 'unfaedah' receh yang membuat orang-orang mengernyitkan dahi.

Humor-humor receh seperti ini misalnya saja dapat ditemukan pada video orang yang berjalan lalu terjatuh, atau video lucu suara orang yang mendengkur. Humor-humor semacam ini tidak memerlukan pengetahuan yang luas dan literasi tinggi untuk mencerna pesan. Berbeda dengan humor-humor satire yang biasanya berbicara tentang dunia sosial dan dunia politik.

Humor satire membutuhkan pemahaman tinggi akan konteks pada rangkaian kalimat ataupun gambar yang disajikan agar makna sesungguhnya yang berisi kritik tersebut dapat dipahami secara santai dengan mengendarai sisi humor manusia.

Berbeda jauh dengan Humor yang dikenal dengan istilah slang seperti 'receh', humor ini dapat dipahami hampir semua kalangan karena tidak membutuhkan daya literasi yang tinggi untuk menangkap dan pemahaman kontekstual yang mendalam untuk mencerna pesan.

Salah satu humor receh ini adalah satu video dari anak yang belum diketahui namanya. Dalam video ini, anak tersebut memainkan raket, seolah ia tengah memainkan gitar. Apa lagu yang ia mainkan pun tidak diketahui dengan jelas. Satu-satunya yang terlihat dalam video berdurasi 30 detik ini adalah ia memetik raket listrik yang sambil menyanyikan lagu tertentu.

Loading...

Yang membuat lucu sekaligus bingung, adalah anak ini menyanyikan lagu dengan wajahnya yang memelas seperti anak yang menangis dan membuat bingung sekaligus tertawa bagi siapa saja yang menonton.

mgg/hendra