Brilio.net - Cara salah satu kampus di Malaysia menerapkan sistem absensi bagi mahasiswanya viral di media sosial, sistem absensi menggunakan QR Code yang nantinya di-scan oleh mahasiswa sebagai tanda kehadiran. Sistem ini disinyalir dapat mencegah mahasiswa titip absen.

Tak butuh waktu berapa lama, postingan mahasiswa absen kelas di Malaysia menjadi perbincangan hangat di lini masa media sosial.

"Cause it is universiti TEKNOLOGI petronas. No more paper as attendance list ( Karena di kampus Teknologi Petronas tak perlu kertas lagi buat absensi," tulis @SyahiraRazi, Selasa (23/1).

Loading...

Bahkan, banyak mahasiswa di Malaysia yang membuat video saat mereka sedang absen dengan QR Code.

Semenjak viral di negeri jiran, sistem anti titip absen tersebut pun ramai menjadi perbincangan di lini masa media sosial di Indonesia. Sistem tersebut mendapat beragam respons, ada yang kocak hingga serius. Bahkan, ada juga warganet yang mengajari agar bisa tetap titip absen lho.

"HAPE MATI = BOLOS ANJIR," komentar @QiniMahabbah

"Kampusku pake fingerprint, jadi dateng cepet gak usah bawa tas. Abis absen langsung ijin ke kamar mandi, kamar mandi kos," komentar @rosiedihsani

"Presensi dari rumah, bukan mimpi lagi..," komentar @angga_wiznoe

"Masih bisa di akalin. Kecuali pake sidik jari, yakali nitip jempol buat absen doang..," komentar @ilham98s

"Bawa hp temen ke kelas kalau gak bisa juga pake fake gps selesai," komentar @dreeir

"Masih bisa titip absen:

pinjemin hp ke temen untuk scan

foto QR code lalu share ke temen" komentar @yeahmahasiswa

Gimana tanggapanmu dengan sistem seperti itu guys?