×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Makanan ini dipercaya bawa keberuntungan pada saat malam tahun baru

View Image

0

BRILIO » Ngakak

7 Makanan ini dipercaya bawa keberuntungan pada saat malam tahun baru

Kalau makanan andalan malam tahun barumu apa nih?

31 / 12 / 2018 00:13

Brilio.net - Tahun 2018 akan segera berakhir, libur panjang juga menanti kita. Tentu momen tahun baru ini bakal jadi momen berkumpul bersama sanak saudara ataupun kerabat terdekat. Nah momen ini lah yang biasanya mereka manfaatkan untuk bercengkerama, atau bersenang-senang atau bisa juga merenungi untuk menyambut pergantian tahun. Adapun yang wajib ada di setiap perayaan tahun baru adalah adanya makanan atau camilan wajib yang mengiringi.

Berikut ini brilio.net kumpulkan dari berbagai sumber beberapa jenis makanan yang wajib ada di dalam perayan malam tahun baru dari berbagai negara. Makanan ini dipercaya bisa menangkal nasib buruk. Wah, apa aja? Yuk simak di bawah ini.

1. Sayuran hijau.

makanan tahun baru © 2016 brilio.net

foto: saveur

Loading...

Sajian sayuran hijau seperti kale yang ditaburi garam dan kayu manis ini wajib ada di meja orang Denmark, Jerman, dan Amerika Serikat tiap pergantian tahun. Bukan karena alasan kesehatan saja, tapi juga karena warna hijau adalah simbol kekayaan. Jadi, semakin banyak sayuran hijau yang dikonsumsi di malam tahun baru dipercaya bisa membuat kita semakin banyak mendapatkan rezeki selama setahun ke depan.

2. Buah anggur

makanan tahun baru © 2016 brilio.net

foto: pixabay

Di Spanyol dan seluruh negara yang menggunakan bahasa Spanyol, mereka mewajibkan untuk makan buah anggur hijau tepat saat jam menunjukkan pukul tepat tengah malam. Mereka menyebut perayaan pergantian tahun ini perayaan Old Night atau 'nochevieja'.  Tradisi melahap satu buah anggur ini ada tata caranya lho, yaitu dihitung setiap dentangan jam di pukul 12 malam. Masing-masing anggur mewakili satu bulan dalam setahun. Jika misalnya anggur kelima rasanya asam, artinya kamu bakalan mengalami kesialan di bulan Mei. Wah.

3. Mi panjang

makanan tahun baru © 2016 brilio.net

foto: tastebudskitchen

Semakin panjang mi tersebut semakin baik, karena disimbolkan sebagai keberuntungan dan umur panjang dalam tradisi perayaan tahun baru di China. Di Jepang, mi soba (buckwheat) adalah menu pilihan dalam perayaan malam tahun baru karena mi ini mudah dipotong dan disimbolkan sebagai melepaskan keburukkan yang telah terjadi pada tahun sebelumnya.

4. Delima

makanan tahun baru © 2016 brilio.net

foto: wikipedia.org

Lain China dan Spanyol lain pula di Turki. Di Turki, mereka percaya bahwa delima adalah buah pembawa keberuntungan pada saat tahun baru. Warnanya yang merah identik dengan jantung yang melambangkan umur panjang. Nutrisinya yang melambangkan kesehatan. Dan terakhir, bijinya yang bula merupakan simbol kemakmuran.

5. Lentils

makanan tahun baru © 2016 brilio.net

foto: wikiHow

Lentil adalah makanan tradisional wajib asal Italia dalam perayaan tahun baru. Lentils ini memiliki arti sebagai keberuntungan yang sudah menjadi sebuah tradisi untuk memakannya saat perayaan tahun baru, biasanya lentil ini disajikan bersama dengan rebusan daging babi.

6. Vasilopita

makanan tahun baru © 2016 brilio.net

foto: tarasmulticulturaltable

Vasilopita merupakan cake khas Yunani yang juga wajib ada di meja hidangan orang Yunani ketika merayakan tahun baru. Bentuknya memang seperti kue biasa. Namun yang istimewa adalah dalam proses pembuatannya, sebuah koin ikut dimasukkan ke dalam adonan. Ketika disajikan, orang yang mendapat potongan kue berisi koin pada saat tahun baru dipercaya akan mendapat keberuntungan sepanjang tahun.

7. Ikan

makanan tahun baru © 2016 brilio.net

Beberapa negara memiliki tradisi memakan ikan karena dipercaya sebagai keberuntungan di tahun baru. Sebut saja Italia dengan Baccala atau ikan kod yang diasinkan. Atau Jepang dengan kombinasi berbagai seafood. Jerman yang mengonsumsi ikan sekaligus menyimpan sisik ikan di dalam dompet untuk keberuntungan.

Wah, kalau Sobat Brilio sendiri gimana?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    67%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more