Brilio.net - Di Indonesia istilah gapura sudah tidak asing lagi. Gapura merupakan bangunan yang digunakan untuk menandai daerah atau perbatasan. Gapura ini dibangun oleh warga setempat dengan gotong royong, supaya cepat selesai. Saking concern-nya masyarakat dengan gapura di daerahnya, membangun dan menghias gapura sampai ada lombanya, lho. Lomba ini diadakan setiap 17 Agustus sebagai hari memperingati kemerdekaan Republik Indonesia. 

Di bangunan gapura ini terdapat nama wilayah atau kampung dalam huruf kapital. Beberapa gapura juga menambahkan informasi seperti nama jalan di bawah nama desa atau kampung.

Keberadaan gapura dinilai sangat penting, sebab selain untuk membatasi wilayah satu dengan lainnya, adanya gapura dapat membantu mereka yang tersesat di tengah jalan. Fungsi lain dari gapura adalah mempercantik tampilan desa, agar tidak terlalu monoton dan kosong.

Apakah setiap gapura yang ada di Indonesia ini bentuknya cantik dan artistik? Belum tentu, karena banyak juga orang yang membuat gapura asal-asalan dan endingnya jadi seperti potret di bawah ini. Brilio.net menghimpun dari berbagai sumber, berikut ini 11 potret lucu gapura dengan penampakan yang bikin senyum kecut, Kamis (16/3).

1. Gapura tengah sawah?

gapura nyeleneh bikin ngakak © berbagai sumber

foto: 1cak.com