Brilio.net - Berbicara tentang puting payudara, banyak orang yang selama ini cenderung mengabaikannya. Mereka cenderung menganggap puting merupakan bagian tubuh yang tidak perlu dikhawatirkan kesehatannya dan perawatannya. Padahal sebenarnya puting menyimpan berbagai fakta penting dan kegunaan.

Salah satunya tentu memberi ASI pada bayi. Tak hanya itu saja, puting ternyata juga bisa mendeteksi berbagai masalah kesehatan. Nah lho? Daripada penasaran yuk simak fakta-fakta tentang puting yang sudah brilio.net kumpulkan dari WomenHealth, Kamis (29/10).

1. Ukuran puting payudara bisa berubah sewaktu-waktu
Ukuran puting ini bisa berubah sewaktu-waktu terkandung kondisi kesehatan. Terutama pada wanita, puting payudara bisa membesar saat mereka hamil dan menyusui. Namun juga bisa mengecil saat menginjak umur lansia.

2. Puting payudara memiliki banyak warna
Mungkin kamu berpikir bahwa semua puting memiliki warna cokelat tua? Hmm salah besar. Warna puting bisa berbeda-beda setiap orangnya, tergantung dari etnis dan warna kulitnya. Jadi jangan heran jika ada orang memiliki warna puting merah muda, merah bata atau cokelat kehitam-hitaman.

3. Puting payudara mampu memberi hormon kesenangan
Sudah bukan rahasia umum lagi jika puting merupakan zona sensitif seksual bagi banyak wanita. Para peneliti pernah mengungkap bahwa ketika puting dirangsang akan memberi stimulus menyenangkan bagi otak.

4. Rangsangan pada puting dapat menyebabkan orgasme
Tak hanya memberi stimulus kesenangan pada otak. Namun ada beberapa kasus dimana rangsangan pada puting bisa menyebabkan orgasme pada wanita.

5. Puting payudara tak hanya dua namun bisa tiga atau lebih
Pada beberapa kasus ada orang yang memiliki puting lebih dari dua. Bisa tiga, empat atau lima. Namun puting ini tidak menyerupai puting-puting kebanyakan melainkan lebih kecil seperti tahi lalat. Puting ekstra ini biasanya muncul di bagian tubuh lainnya selain payudara.

6. Puting memiliki permukaan yang bergelombang
Jika kamu menyentuh putingmu, kamu akan merasakan permukaan yang kasar dan tidak beraturan. Memang normalnya seperti itu, puting memiliki permukaan yang bergelombang dengan tekstur seperti kawah bulan.

7. Puting bisa mendeteksi kanker payudara
Jika putingmu memiliki bentuk yang tidak normal atau ada berwarna kemerah-merahan kamu patut khawatir. Pasalnya hal tersebut bisa saja merupakan tanda dari kanker payudara. Jika sudah berlangsung selama berminggu-minggu segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

8. Terlalu banyak ngegym juga tidak baik untuk puting
Ngegym atau berolahraga tentunya baik untuk kesehatan. Namun jika dilakukan secara keras atau terus menerus bisa membuat puting kering, lecet dan berdarah karena sering tergores bra.

9. Puting akan bekerja ekstra saat menyusui
Saat memiliki bayi maka puting akan bekerja ekstra karena dipaksa terus-terusan memproduksi susu. Maka tak heran bagi ibu menyusui, puting akan menjadi gampang sakit, nyeri bahkan berdarah. Namun jika nyeri itu terasa sangat sakit, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter demi kebaikan kesehatan ibu dan bayi.

10. ASI bisa bocor sewaktu-waktu
Saat menjadi seorang ibu yang baru melahirkan, sebaiknya membawa baju cadangan saat pergi. Pasalnya tanpa disadari ASI bisa muncul sewaktu-waktu padahal sedang tidak menyusui dan menyebabkan baju basah. Hal tersebut wajar karena memang payudara akan memproduksi ASI yang berlebih sesaat setelah ibu melahirkan.

11. Meremas puting bisa mengetes kesehatanmu
Tak ada salahnya jika kamu senggang, kamu remas puting payudaramu. Setelah itu perhatikan apa yang terjadi. Jika muncul ASI berwarna putih maka itu normal. Namun jika yang keluar cairan hijau atau hitam bisa jadi tanda kanker payudara dan disarankan segera memeriksakannya ke dokter.