Brilio.net - Paling gemas kalau kulit gatal, rasanya pengen menggaruk. Tapi gimana kalau yang terasa gatal itu di payudara? Tambah pengen menggaruk tapi khawatir juga kalau dilihat orang, kan malu. Ya kan?

Eh, tapi emang bisa payudara terasa gatal? Bisa dong. Payudara dan area sekitar puting yang terasa gatal dapat terjadi pada wanita manapun lho. Penyebab yang melatarbelakangi timbulnya rasa gatal bermacam-macam, mulai dari iritasi pada kulit hingga penyebab lain yang lebih mengkhawatirkan dan perlu diwaspadai, yaitu kanker payudara. O ow!

Penyebab umum payudara terasa gatal adalah adanya kondisi atopic dermatitis atau eczema, yang merupakan kondisi kulit yang mengalami peradangan. Penyebab pasti dari timbulnya atopic dermatitis sih nggak diketahui, namun kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya kulit kering, kulit gatal hingga ruam. Yang pasti sih, solusi payudara gatal bukan digaruk, karena kulit payudara sensitif dan tipis sehingga menggaruk hanya membuatnya iritasi dan lecet.

Nah, lebih baik kamu mengetahui penyebabnya sehingga dapat langsung diatasi, seperti yang brilio.net rangkum khusus buat kamu ladies. Pelajari ya!

1. Sisa detergen atau sabun pembersih

4 Penyebab payudaramu suka gatal, jangan digaruk terus ya cantik!

Beberapa detergen memiliki sifat yang keras untuk kulit, terutama detergen yang khusus untuk pakaian berwarna. Jika detergen nggak terbilas dengan bersih, sisa detergen yang menempel di bra akan menyebabkan serat kainnya rusak dan kulit payudara iritasi. Untuk itu biasakan membilas bra yang sudah dicuci hingga bersih dari busa.



2. Ketidakcocokan antara kulit payudara dengan serat kain

4 Penyebab payudaramu suka gatal, jangan digaruk terus ya cantik!

Ada beberapa bahan kain untuk bra yang mungkin kurang cocok untuk kulit payudara. Akibatnya kulit payudara alergi dengan bahan tersebut sehingga menimbulkan ruam. Jadi, sebaiknya pilih bra yang berbahan katun sehingga saat dipakai tetap terasa halus dan nyaman. Selain itu, model bra berenda, bra pengap yang mengecap di tubuh akibat terlalu ketat juga dihindari untuk meminimalisir rasa gatal.



3. Nggak cocok dengan kandungan sabun mandi

4 Penyebab payudaramu suka gatal, jangan digaruk terus ya cantik!

Selalu gunakan sabun mandi yang dilengkapi pelembap untuk mencegah kulit kering. Alasannya sabun yang menimbulkan kesan kesat akan membuat kulit payudara kering dan mudah gatal. Biasanya terjadi di area puting dan sekitarnya.

Jika memang kamu sudah terbiasa dengan sabun merek tertentu, tambahkan pelembap usai mandi. Tapi pastikan juga pelembap yang kamu pilih cocok untuk jenis kulitmu untuk menghindari biang keringat atau lengket di kulit sehingga menyebabkan iritasi.



4. Fluktuasi hormon

4 Penyebab payudaramu suka gatal, jangan digaruk terus ya cantik!

Menjelang menstruasi, produksi hormon yang nggak menentu membuat area reproduksi termasuk payudara jadi lebih sensitif dan seakan lebih besar. Kondisi ibu yang sedang hamil juga bisa menyebabkan payudara mengalami pembesaran. Kulit yang melar karena pembesaran ini menyebabkan payudara menjadi lebih sensitif dan terasa gatal.

Meskipun jarang, terkadang rasa gatal yang timbul secara konstan pada payudara dan puting dapat menjadi indikasi adanya kondisi penyakit yang serius seperti kanker. Tapi kondisi yang perlu diwaspadai adalah payudara kemerahan, adanya benjolan, cairan yang keluar dari puting serta adanya perubahan abnormal pada puting maupun payudara.

Selain penyebab di atas, jika rasa gatal di area sensitif ini tak kunjung hilang disertai gejala yang janggal, segeralah periksa ke dokter ya. Sayangi payudaramu ya. Kalau bukan kamu, siapa lagi?