Brilio.net - Tahukah kamu bahwa sekitar 80 persen jenis penyakit dapat menular melalui tangan. Itulah mengapa sangat penting bagi kita untuk rajin mencuci tangan dengan benar. Selain itu hal yang perlu diperhatikan adalah cara kita mengeringkan tangan.

Sejauh ini ada dua cara yang biasanya kita gunakan untuk mengeringkan tangan, yaitu dengan menggunakan handuk atau hand dryer. Sebenarnya di antara dua cara tersebut mana sih yang lebih efektif da higienis?

Di bawah ini ada video yang dilansir brilio.net dari AsapSCIENCE Senin (21/9) tentang bagaimana mencuci tangan yang benar dan proses pengeringannya. Jika kita sudah mencuci tangan dengan cara yang benar dan menggunakan sabun, bakteri pada tangan akan otomatis hilang meski tanpa memperhatikan cara kita mengeringkan tangan kita.

Tapi bila kita hanya mencuci tangan dengan menggunakan air tanpa sabun, cara kita mengeringkan tangan bisa jadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Perlu diketahui persebaran bakteri biasanya terjadi saat kulit kita dalam keadaan basah. Apalagi jika kita menggosokkan tangan yang basah tadi pada baju kita. Bahkan menyentuh gagang pintu kamar mandi pun bisa menyebarkan bakteri.

Loading...

Lalu jika  dibandingkan antara handuk dan hand dryer, tampaknya handuk lebih efektif bila digunakan untuk mengeringkan tangan.

Dalam beberapa penelitian, butuh waktu 45 detik untuk seseorang mengeringkan tangan dengan menggunakan hand dryer, sementara mengeringkan tangan dengan menggunakan handuk hanya memakan waktu 10 detik.

Bila berbicara tentang persebaran bakteri, handuk memiliki kecenderungan lebih banyak menyebarkan bakteri meskipun hand dryer juga bisa menyebarkan bakteri karena telah terkontaminasi udara kamar mandi.

Untuk penjelasan lebih lengkap kamu bisa cek video di bawah ini ya.