Brilio.net - Yupiter sebagai planet terbesar dalam tata surya, saat ini diketahui memiliki 67 satelit dan empat di antaranya yang terbesar yakni :  lo, Europa, Ganymede, dan Callisto. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperkirakan ada kehidupan di satelit Yupiter.

Sebelumnya David Bowie pernah berspekulasi tentang kehidupan di Planet Mars, dan sekarang para ilmuwan NASA bertanya-tanya hal yang sama tentang kehidupan di Europa, salah satu bulan Yupiter.

Para ilmuwan akan segera menuju ke permukaan es Europa untuk mencari bukti-bukti yang berkaitan dengan penelitian. Para pejabat NASA telah mengadakan workshop setiap minggunya di pusat penelitian Ames untuk membahas masalah tersebut.

"Ini adalah kesempatan kita," kata John Grunsfeld, kepala ilmuwan NASA. "Saya berharap kita tidak melewatkan kesempatan ini karena kurangnya ide-ide."

Secara khusus, para ilmuwan berencana untuk mencari gumpalan uap air, yang pertama kali ditemukan berdasarkan teleskop NASA pada tahun 2012, bahwa terjadi ledakan di daerah dekat kutub selatan pada Europa. Gumpalan itu bisa dijadikan sampel untuk diteliti lebih lanjut.

Rencana untuk misi Europa ini telah berjalan selama bertahun-tahun, kini NASA semakin dekat untuk  merealisasikannya. Pemerintah AS telah mengalokasikan dana sebesarUSD 30 juta untuk misi Europa yang masuk dalam anggaran negara tahun 2016.