Brilio.net - Film karya Joshua Oppenheimer berjudul The Look of Silence atau Senyap (2014) dikabarkan masuk menjadi salah satu nominasi Academy Awards 2016 atau Oscar ke-88. Film yang bercerita tentang tragedi kemanusiaan G30S/PKI tahun 1965 itu menjadi nominasi kategori Film Dokumenter Terbaik.

Dilansir brilio.net dari situs resmi Academy Awards, 'Senyap' akan bersaing ketat dengan beberapa film dokumenter lain seperti 'Amy' karya sutradara Asif Kapadia, 'Cartel Land' karya Matthew Heineman, 'What Happened Miss Simone?' karya Liz Garbus dan 'Winter of Fire: Ukraine's Fight for Freedom' karya Evgeny Afineesky.

Film yang telah dirilis sejak Desember 2014 ini mendokumentasikan perjalanan Adi Rukun, seorang laki-laki yang mencari tahu pembunuh kakak kandungnya, yang menjadi korban pembantaian massal tahun 1965 di Sumatera Utara. Di Indonesia sendiri, film Senyap menuai berbagai kontroversi dan sempat dilarang penayangannya.

Malam puncak acara penghargaan film paling bergengsi di dunia ini rencananya akan dilaksanakan di Dolby Theater, Hollywood, California, Amerika Serikat, pada 28 Februari 2016 mendatang. Jadi, apakah film Senyap mampu berjaya di dunia internasional? Mari kita tunggu saja.