Brilio.net - Kalajengking. Binatang yang satu ini bisa bikin bulu kuduk berdiri. Selain bentuknya yang kurang menarik, hewan ini juga berbahaya karena sengatannya beracun. Karena itu binatang ini sering dihindari, bahkan dibunuh. Tapi tahukah kamu jika sebenarnya enggak semua kalajengking itu berbahaya dan punya sengat yang mematikan?

Seno Arifansyah, mantan koordinator Komunitas Pecinta Kalajengking Indonesia (KPKI) Nasional, kepada brilio.net, menjelaskan, ada banyak jenis kalajengking di Indonesia. Tapi paling banyak adalah kalajengking Heterometrus cyaneus, Heterometrus longimanus, Liocheles australasiae, Liocheles waigiensis, Lychas mucronatus.

Kalajengking-kalajengking itu dibagi menjadi 4 level. Level 1 tanpa efek. Di Indonesia, kalajengking masuk level ini adalah Liocheles Sp yang berukuran kecil dan berwarna cokelat.

Level 2 bisa menimbulkan gatal-gatal, jika alergi bisa menyebabkan efek yang lebih parah. Jenis kalajengking level ini di Indonesia adalah Heterometrus Sp yang punya ukuran lebih besar dan berwarna hitam.

Sementara kalajengking level 3 bisa menimbulkan demam 2-4 hari jika menyengat manusia. Kalajengking yang masuk kategori level ini adalah Lychas mucronatus yang berwarna kuning. Sementara jika terkena kalajengking yang level 4, efek yang ditimbulkan bisa demam hingga mematikan. Namun kalajengking level 4 ini enggak ditemukan di Indonesia.

Loading...

Nah, jika kamu ketemu kalajengking nggak usah panik. Jika kamu ketemu kalajengking, cukup pindahkan ke tempat yang jarang dijangkau orang. Cara aman memindahkannya yaitu menggunakan wadah dengan memakai sebuah benda untuk mendorong kalajengking masuk ke wadah itu. "Enggak perlu kontak langsung. Pakai wadah itu cara paling aman," terang Seno yang tinggal di Bandung ini.

Kebanyakan orang jika melakukan kontak langsung dengan kalajengking pasti yang dipegang ekornya. Seno menjelaskan bahwa hal itu sebenarnya kurang bagus karena ekornya juga punya saraf yang jika ditarik malah bisa menyengat.

Seno malah menyarankan kalajengking itu digiring naik ke tangan kita, karena jika dia naik ke tangan enggak akan menggigit karena kalajengking menganggap tangan itu sebagai pijakannya.

HOT NEWS:

Uji kecerdasanmu, bisa jawab di atas 7 berarti IQ tinggi

Ini dia penipuan paling epik pembeli online Indonesia, bikin ngakak

12 Pesan typo yang bikin orang salah paham

30 Nama Wi-Fi kocak yang bakal bikin kamu ngakak guling-guling!

17 Label baju kocak bin ngakak

15 Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 1)

Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 2)

24 Meme skripsi yang akan membuatmu meringis

20 Rasa rindu ini hanya dimengerti kamu yang pernah tinggal di Jogja

22 Gambar ini membuktikan kenapa fotografer adalah profesi yang keren!

12 Foto tato orang yang salah tulis, apes betul mereka ini!

15 Emoji yang sering salah digunakan saat chatting